detikNews
2019/10/11 11:37:03 WIB

Tentang JAD Dalang Penikam Wiranto: Antek ISIS yang Dibentuk di Nusakambangan

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Halaman 1 dari 2
Tentang JAD Dalang Penikam Wiranto: Antek ISIS yang Dibentuk di Nusakambangan Foto: Abu Rara, anggota JAD yang tusuk Menko Polhukam Wiranto (Dok. Polsek Pandeglang)
Jakarta - Syahrial Alamsyah alias Abu Rara, tersangka penusukan Menko Polhukam Wiranto merupakan bagian dari Jamaah Ansharut Daulah (JAD). JAD sendiri diketahui punya afiliasi dengan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

Sebagaimana diketahui, menurut keterangan Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo, Wiranto ditusuk oleh Abu Rara di pintu gerbang Alun-alun Menes, Desa Purwaraja, Kabupaten Pandeglang sekitar pukul 11.55 WIB. Selain Abu Rara, polisi juga mengamankan perempuan yang ikut dengan Abu Rara.


Badan Intelijen Negara (BIN) sudah bisa memastikan bahwa Abu Rara merupakan bagian dari JAD. Abu Rara merupakan kelompok JAD Bekasi. "Bahwa dari dua pelaku ini kita sudah bisa mengidentifikasi bahwa pelaku adalah kelompok JAD Bekasi," ujar Kepala BIN Budi Gunawan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Kamis (10/10/2019).

Selain itu, Abu Rara terdeteksi intelijen berpindah ke Bogor dari Kediri. Dari Bogor, Abu Rara bergerak ke Menes, Pandeglang, Banten, setelah bercerai dengan istri pertama. Di Menes, Abu Rara kembali menikah.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com