detikNews
2019/10/10 18:26:56 WIB

Ulama Jabar Siap Kenalkan Damainya Islam Indonesia di Inggris

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Ulama Jabar Siap Kenalkan Damainya Islam Indonesia di Inggris Lima ulama terpilih dari Jawa Barat akan berangkat ke Inggris untuk mengikuti program English for Ulama. (Foto: Azizah/detikcom)
Jakarta - Lima ulama terpilih dari Jawa Barat akan berangkat ke Inggris untuk mengikuti program English for Ulama. Kelima ulama ini akan memperkenalkan Islam Indonesia kepada masyarakat Inggris.

Lima ulama yang terpilih adalah Wifni Yusifa, Ridwan Subagya, Ihya Ulumunudin, Beni Safitra, serta Hasan Al-Banna dan akan tinggal di lima kota berbeda di Inggris. Mereka hari ini dilepas langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di kantor British Council, Senopati, Jakarta Selatan, Kamis (10/10/2019).

"Kita mau memperkenalkan Islam di Indonesia. Betapa indah dan damainya Islam di Indonesia. Dan kita juga mau bawa tentang budaya Indonesia seperti apa. Kita juga sebaliknya ingin membawa sebanyak mungkin ilmu dari sana untuk dibagikan di Indonesia. Saling sharing dengan orang-orang di sana," kata salah satu ulama, Wifni, saat ditemui di lokasi.


 Wifni Yusifa Wifni Yusifa Foto: Azizah/detikcom


Wifni akan ditempatkan di Kota Birmingham, Inggris. Wifni mengatakan dirinya akan melakukan dialog dengan berbagai komunitas lintas agama di Inggris untuk berbagi pandangan dalam Islam, salah satunya tentang isu perempuan.

"Iya, itu (isu perempuan) salah satu juga. Karena mungkin masih ada sebagian orang di sana yang masih menganggap Islam mendiskriminasi perempuan, atau yang lain. Nah kita mau meluruskan itu, sebetulnya Islam tidak seperti itu dalam melihat perempuan," ujar Wifni.

"Kita juga ada interfaith dialogue, jadi ada obrolan dengan orang-orang yang berbeda agama dengan kita. Kita lihat bagaimana pandangan mereka. Ini bisa memperkaya perspektif kita juga," lanjutnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com