detikNews
2019/10/09 11:47:06 WIB

Atlas ESDM: Pesisir Utara Jakarta Masuk Zona Rentan Likuefaksi Tinggi

Mohammad Qadri - detikNews
Halaman 1 dari 2
Atlas ESDM: Pesisir Utara Jakarta Masuk Zona Rentan Likuefaksi Tinggi Foto: Peluncuran atlas zona likuefaksi (Qadri-detikcom)
Palu - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meluncurkan Atlas Zona Kerentanan Likuefaksi Indonesia. Pesisir utara Jakarta ternyata masuk zona rawan likuefaksi potensi tinggi.

Peluncuran itu berlangsung di Palu pada Rabu (9/10/2019) sekitar pukul 11.00 wita oleh Kementrian ESDM beserta kepala daerah di wilayah Pulau Sulawesi. Akan tetapi buku tersebut, pertama kali diberikan oleh kepala daerah Sulteng yang diwakili Sekretaris Daerah Hidayat Lamakarate.



Menurut Kepala Badan Geologi, Rudy Suhendar bahwa ancaman bencana di Indonesia tidak terlepas dari kondisi regional wilayahnya yang berada di atas daerah pertemuan lempeng-lempeng besar dunia yang menjadi sumber guncangan gempa akibat aktivitas tumbukan antar lempeng. Pertemuaan tiga lempeng bumi besar yaitu Eurasia, Indo-Australia dan Pasifik menimbulkan potensi ancaman gempabumi sepanjang masa bagi bangsa Indonesia.

Dalam atlas itu dijelaskan ada wilayah di pesisir utara di Jakarta termasuk dalam kategori tinggi. Untuk kategori tinggi digambarkan di peta dengan warna ungu. Selain di Jakarta wilayah potensi tinggi likuefaksi juga ada di Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Jawa Barat dan sejumlah daerah lainnya.



Sedangkan daerah Provinsi Kalimantan Timur di peta tersebut tak digambarkan adanya wilayah potensi tinggi likuefaksi. Namun ada daerah berpotensi likuefaksi tepatnya di Tanjungredeb dan pesisir Sangatta.

"informasi dari buku ini diharapkan bisa menjadi pedoman masyarakat Indonesia. Dan bisa mengetahui daerah yang rawan terjadinya likuefaksi atau proses peluluhan massa tanah akibat guncangan gempa yang menyebabkan tanah kehilangan kekuatan gesernya dan berperilaku serupa fluida (cair)."kata Rudi.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com