detikNews
Selasa 08 Oktober 2019, 10:00 WIB

Bupati Bogor Ancam Tutup Perusahaan yang Cemari Sungai Cileungsi

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Bupati Bogor Ancam Tutup Perusahaan yang Cemari Sungai Cileungsi Bupati Bogor Ade Yasin (Foto: Sachril Agustin/detikcom)
Bogor - Bupati Bogor Ade Yasin menelusuri Sungai Cileungsi yang tercemar. Dia mengancam bakal menutup pabrik yang terbukti mencemari sungai.

"Sungai Cileungsi tercemar, harus dihentikan. Kita akan melakukan teguran keras. Kalau nggak nurut juga, tutup saja perusahaannya," kata Ade usai melakukan penelusuran Sungai Cileungsi, di belakang Sekolah Daar El Salam, Vila Nusa Indah II, Bojong Kulur, Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Selasa (8/10/2019).



Ade menjelaskan beberapa perusahaan yang melakukan pencemaran Sungai Cileungsi sudah diproses hukum. Dia menyatakan pabrik yang terbukti membuat sungai tercemar akan diberi tindakan tegas.

"Kita cari sumber limbahnya, beri tindakan tegas ya. Pencemaran lingkungan ada UU lingkungan," ucapnya dia.

Dia mengatakan Pemkab Bogor tidak bisa bekerja sendiri untuk mengatasi pencemaran Sungai Cileungsi. Dia menjelaskan semua pihak harus ikut bekerja sama untuk mengatasi pencemaran tersebut.

"Seluruh stakeholder harus bergerak semua. Karena itu saya minta bantuan kepolisian, tentara, para aktivis lingkungan hidup dan ini harus terus digerakkan. Termasuk pengawalan ketika ada yang dinaikkan kasusnya, ini harus dikawal sampai putusan, sampai tuntas," ujarnya.



Dia menegaskan saat ini Pemkab Bogor mengutamakan penindakan terhadap perusahaan yang membuat sungai tercemar. Masalah pencemaran ini disebutnya juga sudah menjadi perhatian Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Ini kan harus juga dengan BBWS (normalisasi). Kita belum bicara normalisasi, yang penting penindakan dulu terhadap pencemaran sungai. DLH Jawa Barat, Pak Gubernur Jawa Barat, sudah bertemu dengan Ombudsman dan DLH kita juga (DLH Kabupaten Bogor). Pak Gubernur termasuk saya, berusaha untuk mencari (pelaku pencemaran)," tuturnya.




Tonton juga video Sampah Menumpuk di Sungai Grindulu Pacitan:

[Gambas:Video 20detik]


(haf/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com