detikNews
2019/10/08 08:02:15 WIB

Ada 'Hidup KPK' di OTT Bupati Lampung Utara Diharap Jadi Perhatian Jokowi

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Halaman 1 dari 2
Ada Hidup KPK di OTT Bupati Lampung Utara Diharap Jadi Perhatian Jokowi Wawan Suyatmiko (Foto: Lisye/detikcom)
Jakarta - Warga Lampung Utara bersorak 'Hidup KPK' saat KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap bupati mereka, Agung Ilmu Mangkunegara. Transparency International Indonesia (TII) menilai sorakan tersebut adalah cerminan dukungan masyarakat kepada KPK yang independen tak ada henti-hentinya.

"Tetapi saya melihat dukungan terhadap KPK ini memang nggak ada henti-hentinya, dukungan terhadap KPK yang kuat tentunya ya. KPK yang kuat, mandiri, independen itu datang dari masyarakat," ujar peneliti TII, Wawan Suyatmiko kepada wartawan, Senin (7/9/2019) malam.


Wawan juga mengatakan dukungan yang diberikan oleh warga Lampung Utara tersebut patutnya dijadikan modal oleh Presiden Jokowi untuk membuat kebijakan yang memperkuat KPK. Salah satu kebijakan itu adalah menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) untuk membatalkan UU KPK yang telah disahkan oleh DPR.

"Sehingga ini menjadi satu hal yang bisa digunakan oleh presiden sebagai modal bahwa dia tidak perlu takut untuk mengeluarkan sebuah kebijakan (Perppu) yang tujuannya memperkuat KPK," lanjutnya.

Ada 'Hidup KPK' di OTT Bupati Lampung Utara Diharap Jadi Perhatian JokowiFoto: Hidup KPK! Teriak warga Lampung Utara. (Dok Istimewa)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com