Round-Up

Hamdan Zoelva Turun Gunung Bela Pengacara Tommy Winata

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 08 Okt 2019 07:22 WIB
Hamdan Zoelva. (Foto: Agung Pambudhy)


Desrizal dalam perbincangan dengan Hamdan menyebut hakim salah mengambil putusan terkait materi persidangan. Hamdan membandingkan persidangan kasus serupa namun dengan putusan berbeda.

"Bahwa Desrizal merasa hakim memutus perkara itu bertentangan dengan bukti-bukti dan fakta-fakta persidangan. Paling tidak yang kasat mata materi kasusnya sama, yang sebelumnya juga diajukan gugatan di PN Jakpus hanya pihaknya berbeda, materinya sama, dikabulkan gugatannya, tapi ini ditolak dan perkaranya sudah sampai berkekuatan hukum tetap putusan dari MA dan seluruhnya menyatakan bahwa gugatannya dikabulkan," papar Hamdan.



Kasus yang ditangani Desrizal berawal dari krisis perbankan yang terjadi pada tahun 1999. Salah satu bank yang mengalami krisis tersebut dipegang oleh Tomy Winata, Bank Multicor.

"Sementara dalam kasus ini ditolak, inilah suatu hal yang benar-benar, sebagai seorang pengacara pahamlah kasus ini, ini nggak mungkinlah kalah, ini rupanya karena itu lah secara spontan Desrizal ini melakukan satu tindakan yang bagi kita tentunya harusnya tidak terjadi," tutur Hamdan Hamdan.

Hamdan kemudian mengungkap bicara soal keterlibatannya sebagai kuasa hukum Desrizal. Dia mengaku sulit menolak membeti bantuan hukum lantaran hubungan pertamanan yang sudah lama.

"Saya ini advokat, kalau dimintai tolong oleh teman, apa saya nolak? Teman saya sudah saya kenal lama, nggak enak saya nolak teman seprofesi sudah lama," kata Hamdan.



Namun rupanya bukan karena faktor kedekatan yang membuah Hamdan tertarik menjadi kuasa hukum Desrizal. Kasus kliennya itu disebut bisa menjadi pelajaran bagi dunia peradilan Indonesia.

"Kemudian yang kedua, kasus ini bagi saya menarik, kenapa ini bisa terjadi, inilah yang ingin saya dalam betul. Ini pelajaran betul bagi dunia peradilan. Setelah saya dalami banyak betul yang kita harus jadi pelajaran bagi dunia peradilan," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3