detikNews
2019/10/07 18:44:01 WIB

PM Belanda Puji Konsep ASEAN Outlook on Indo-Pasific

Dwi Andayani - detikNews
Halaman 1 dari 2
PM Belanda Puji Konsep ASEAN Outlook on Indo-Pasific Foto: Perdana Menteri (PM) Belanda Mark Rutte dalam diskusi di Le Meridien Hotel Jakarta. (Dwi Andayani-detikcom)
Jakarta - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memperkenalkan konsep ASEAN Outlook on Indo-Pasific yang disahkan pada Konferensi Tingkat ASEAN ke-34. Perdana Menteri (PM) Kerajaan Belanda Mark Rutte memuji konsep tersebut.

"Pelepasan Outlook Indo-Pasifik ASEAN yang disepakati berdasarkan inisiatif Indonesia adalah contoh yang sangat bagus," ujar Rutte dalam diskusi di Le Meridien Hotel Jakarta, Jalan Jendral Sudirman, Jakarta, Senin (7/10/2019).


Rutte menyebut konsep ASEAN Outlook on Indo-Pasific menunjukkan ambisi Indonesia untuk melakukan koordinasi dan kerja sama. Menurutnya, pada saat yang sama konsep ini dapat mengurangi ketidakpercayaan.

"Ini menunjukkan ambisi daerah yang mencari koordinasi dan kerja sama yang baik, dan pada saat yang sama mengurangi ketidakpercayaan dan kesalahanperhitungan," tuturnya.

Menurut Rutte, ASEAN Outlook on Indo-Pasific merupakan pilihan yang tepat agar dapat saling berdampingan pada tingkat global. Dia menyebut hal ini telah dibuktikan oleh ASEAN dan Uni Eropa.

"Saya percaya itu pilihan yang tepat, karena dengan berdiri berdampingan di tingkat regional kita benar-benar dapat membuat kekuatan kita di sini, di tingkat global," kata Rutte.

"ASEAN membuktikan hal itu, dan juga Uni Eropa. Tetapi dampak dari Uni Eropa dan ASEAN dapat diberitahukan, jika kita sebagai blok regional saling menjangkau satu sama lain," sambungnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com