detikNews
2019/10/07 16:40:50 WIB

Kawasan Eks Reklamasi Pelindo di Bali Akan Dijadikan Taman Hutan Kota

Aditya Mardiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Kawasan Eks Reklamasi Pelindo di Bali Akan Dijadikan Taman Hutan Kota Gubernur Bali Wayan Koster menanam pohon di kawasan eks reklamasi. (Dita/detikcom)
Denpasar - Kawasan eks reklamasi Pelindo yang disoal Gubernur Bali Wayan Koster bakal dipercantik menjadi taman hutan kota. Dari total lahan 45 hektare, separuhnya bakal dijadikan kawasan hijau.

"Kawasan ini akan jadi hutan kota yang hijau. Dari 45 hektare yang ada, 49 persen akan dijadikan areal penanaman beraneka jenis tumbuhan dan sisanya sebagai fasilitas pendukung Pelabuhan Benoa. Total ada 22 hektare yang akan dijadikan kawasan hutan kota, wilayah ini akan ditanami tumbuhan yang cocok dikembangkan di daerah ini agar kembali hijau," kata Koster di sela penanaman mangrove serangkaian HUT ke-74 TNI Pesisir Utara Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali, Senin (7/10/2019).


Kawasan Eks Reklamasi Pelindo di Bali akan Dijadikan Taman Hutan KotaGubernur Bali Wayan Koster menanam pohon di kawasan eks reklamasi. (Dita/detikcom)


Dia juga mendukung kegiatan penanaman mangrove sebagai pemulihan area eks reklamasi ini. Apalagi hal ini sesuai dengan visinya, Nangun Sat Kerthi Loka Bali.

"Kegiatan ini sekaligus juga komitmen dan dukungan Bapak Pangdam (Mayjen TNI Benny Susianto) dan jajaran, kepada program Pemerintah Provinsi Bali sesuai dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali. Yaitu menjaga kesucian dan keharmonisan alam Bali menuju Bali yang bahagia-sejahtera sekala dan niskala," tuturnya.



"Dalam hal ini berkaitan dengan Wana Kertih, yakni penanaman tumbuh-tumbuhan dalam hal ini bibit mangrove. Juga terkait dengan Segara Kertih, yaitu pelestarian pantai dengan laut agar bisa memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat," sambungnya.

Di lokasi yang sama, Pangdam IX Udayana Mayjen Benny Susianto menuturkan kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian HUT TNI. Dia berharap, dengan kegiatan ini, TNI juga makin dekat dengan rakyat.

"Momentum HUT ini, pimpinan TNI dan segenap jajaran memanfaatkannya untuk mengadakan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan lingkungan dan masyarakat. Ini dilakukan serentak di seluruh wilayah Indonesia sebagai rangkaian HUT TNI. Harapannya, TNI dapat berpartisipasi memberikan sumbangsih yang terbaik bagi lingkungan di Pulau Bali," tutur Benny.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com