detikNews
2019/10/07 08:56:24 WIB

Tahun Depan, DKI Bikin Septic Tank Penampung Tinja 100 KK di Jakbar

Isal Mawardi - detikNews
Halaman 1 dari 2
Tahun Depan, DKI Bikin Septic Tank Penampung Tinja 100 KK di Jakbar Di Jakarta Barat, sebagian warga di RT 15/7 Tanjung Duren Utara, Grogol Pertamburan, Jakarta Barat, ternyata tidak punya septic tank. Kotoran dari jamban dibuang lewat saluran yang mengarah ke kali/ Foto: Sachril Agustin/detikcom
Jakarta - Warga di pemukiman di Grogol Petamburan, Jakarta Barat, membuang limbah rumah tangga ke kali karena tak punya septic tank. Kepala Dinas Sumber Daya Air Pemprov DKI, Juaini Yusuf, mengaku belum memfasilitasi septic tank komunal di pemukiman kawasan Jakarta Barat karena masih fokus membenahi kawasan Jakarta Pusat.

"Ya memang sementara ini belum semuanya kita cover masalah pembuangan air limbah, memang baru beberapa tempat yang kita buatkan seperti itu, contohnya di Jakarta Pusat. Kita memang tahun ini lagi buat septic tank komunal untuk menampung pembuangan air limbah itu. Kalau untuk di Jakarta Barat kita memang belum masuk, mungkin baru tahun depan, pengadaannya baru tahun depan kan lelang tuh, sekarang lagi proses pengadaan ini juga untuk mempercepat penanganan itu kita mengajukan komunal ini secara katalog," ujar Juaini Yusuf saat dihubungi, Senin (7/10/2019).

Juaini menyebut pihaknya akan membuat septic tank komunal per rumah tangga. Limbah rumah tangga akan diolah menjadi air yang lebih bersih dan aman dibuang ke kali ataupun dimanfaatkan untuk keperluan lainya.

"Jadi dari pembuangan air limbah warga itu kita buang ke septic tank komunal dulu. Nanti dari situ diolah sudah airnya bagus jernih baru kita alirkan ke kali atau sungai, jadi nggak langsung, (airnya) aman, nggak langsung dari buangan warga ke sungai jadi diolah dulu," ujar Juaini.



Untuk solusi jangka panjangnya, Juaini menyebut akan membuat septic tank yang dapat menampung limbah kotoran satu RT. Kapasitasnya diperkirakan mencapai 100 KK.

"Kalau yang gede bisa per-RT , yang penting kita ada lahan yang luas buat septic tank nya yang besar itu. Iya bisa 100 KK," ujar Juaini.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com