detikNews
Jumat 04 Oktober 2019, 19:10 WIB

Aher Mengaku Hanya Tahu Rencana Proyek Meikarta: Detailnya Tak Tahu

Ibnu Hariyanto - detikNews
Aher Mengaku Hanya Tahu Rencana Proyek Meikarta: Detailnya Tak Tahu Mantan Gubernur Jabar Aher (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Ahmad Heryawan mengaku tahu tentang rencana megaproyek Meikarta yang digarap PT Lippo Cikarang. Namun mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) yang karib disapa Aher itu tak tahu soal lebih detail.

"Saya tentu kalau rencana ada penyesuaian, saya tahu. Kalau detail prosesnya, saya tidak tahu," ucap Aher setelah menjalani pemeriksaan di kantor KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (4/10/2019).

Aher mengatakan proyek Meikarta awalnya seluas 84,6 hektare. Luasan itu disebut Aher sudah beres segala urusan perizinannya.

"Jadi bagaimana RDTR (Rencana Detail Tata Ruang) itu dibahas di DPRD Kabupaten Bekasi, setelah dibahas disetujui bersama bupati, dikirim ke provinsi, ada proses lebih lanjut sampai proses akhirnya ada persetujuan substansi dari gubernur," kata Aher.


"Nah, proses substansinya belum terjadi, belum ditandatangani. Saya katakan tadi bahwa seluruh proses yang ada dari mulai proses pembentukan perubahan Perda RDTR Kabupaten Bekasi sampai dikirim ke provinsi di... oleh staf saya diproses sampai dengan hasil prosesnya terjadi itu saya belum tahu," imbuh Aher.

Dalam kasus ini, KPK menetapkan dua orang sebagai tersangka baru dalam dua perkara berbeda terkait proyek Meikarta. Mereka adalah eks Presiden Direktur Lippo Cikarang Bartholomeus Toto dan Sekda Jawa Barat Iwa Karniwa.

Iwa ditetapkan KPK sebagai tersangka karena diduga menerima suap Rp 900 juta. Duit itu diduga terkait pengurusan Peraturan Daerah tentang RDTR Kabupaten Bekasi.

Adapun Toto dijerat KPK sebagai tersangka karena diduga memberi suap kepada eks Bupati Bekasi Neneng Hassanah Yasin. KPK menduga Toto merestui pemberian duit Rp 10,5 miliar kepada Neneng untuk memuluskan perizinan Meikarta.


Simak video "Sambangi KPK, Aher Diperiksa untuk Kasus Meikarta":

[Gambas:Video 20detik]


(ibh/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com