Sampah Menumpuk Bertahun-tahun di Pinggir Rel, DLH Bogor: Belum Ada Laporan

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Jumat, 04 Okt 2019 17:18 WIB
Foto: Tumpukan sampah di pinggir rel (Sachril-detik)
Bogor - Tumpukan sampah di pinggir rel kereta di RW 7 Puspanegara, Citeureup, Kabupaten Bogor, disebut warga sudah ada bertahun-tahun dan belum pernah dibersihkan. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor beralasan belum ada laporan soal sampah tersebut.

"Kalau sampai hari ini, saya belum terima laporan, baik dari warga atau kecamatan. Hal ini tinggal kasih tau ke kami (DLH) saja. Nanti akan dicek dulu lokasinya seperti apa. Tapi yang pasti itu kan TPS liar," kata Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Sampah DLH Kabupaten Bogor Trian Turangga, Jumat (4/10/2019).



Dia mengaku laporan terakhir soal sampah yang diterima DLH Kabupaten Bogor adalah di pinggir Sungai Ciliwung, Cilebut Timur, Sukaraja, Kabupaten Bogor. Trian menjelaskan, tumpukan sampah yang dijadikan Tempat Pembuangan Sementara (TPS) oleh warga, tidak bisa langsung begitu saja ditangani DLH. Hal ini dikarenakan jumlah personel DLH Kabupaten Bogor yang terbatas.

Ia menyatakan tumpukan sampah akan ditindaklanjuti DLH bila sudah menerima laporan. Ketika laporan sudah diterima, DLH akan menindaklanjuti dengan melakukan pengecekan.

"Kita akan mengirimkan orang dulu untuk mengecek. Penanganan tergantung dari kondisinya. Jadi akan dilihat berapa truk atau personel yang dibutuhkan. Kita pantau juga, siapa yang buang sampah ke situ. Apakah perlu dilakukan OTT setelah diangkut," terangnya.

Trian mengaku kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan masih minim. Dia menyebut warga kadang tak mau dibangunkan TPS sehingga membuang sembarangan.

"Kalau misalnya di lingkungan warganya tidak ada TPS atau tidak ada pengangkutan sampah, tinggal kasih tau DLH saja. Kita kan ada untuk pembangunan TPS. Cuma kadang-kadang itu, warga tidak mau dibangun TPS, tapi buang sampah sembarangan," jelas Trian.
Selanjutnya
Halaman
1 2