Tergeser Mulan Jameela dkk, Caleg Gerindra Belum Terima SK Pemecatan

Yulida Medistiara - detikNews
Kamis, 03 Okt 2019 17:39 WIB
Mulan Jameela (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Sigit Ibnugroho Saraspromo, salah satu caleg yang tergeser Mulan Jameela dan kawan-kawan (dkk) dari kursi DPR, mengaku belum menerima surat keputusan (SK) pemecatan dari Partai Gerindra. Hingga saat ini Sigit tidak mengetahui alasan dia dipecat sehingga digantikan Sugiono, yang satu daerah pemilihan (dapil) dengannya di Jateng I.

"Kami belum bisa komentar lebih jauh karena sampai dengan sekarang kita belum menerima SK-nya dan alasan pemecatannya apa. Cuma membaca dari surat dalam SK KPU kan ada pertimbangan tuh, menimbang memperhatikan, sepertinya berlandaskan pada melaksanakan administrasi sesuai dengan putusan PN Jaksel Nomor 520," kata kuasa hukum Sigit, Aris Septiono, di PN Jaksel, Jl Ampera Raya, Jakarta Selatan, Kamis (3/10/2019).
Aris mengaku sudah mengirim surat ke Mahkamah Kehormatan Partai Gerindra untuk meminta SK pemecatan tersebut tapi belum ada jawaban. Sementara itu, jabatan kliennya selaku Ketua DPC Gerindra Kota Semarang belum diganti.

"Jadi kita sudah mencoba konfirmasi, ya harusnya namanya SK pemecatan, apalagi klien kami Ketua DPC Partai Gerindra Kota Semarang, harusnya ketika dipecat, otomatis jabatan dia sebagai Ketua DPC diganti. Penggantian, pemecatan, itu juga tidak ada. Tidak pernah ada konfirmasi, tidak pernah ada," kata Aris.

"Jadi memang semua ini berjalan silent, agar kami tidak mempunyai bukti agar kami tidak ada upaya membela diri, memang sepertinya dibuat begitu," sambungnya.
Aris menilai pemecatan seharusnya dilakukan terhadap kader yang melanggar aturan AD/ART ataupun UU Partai Politik. Ia mempertanyakan alasan Gerindra yang memecat kliennya, padahal, Sigit merasa tidak pernah dimintai klarifikasi sebelum dilakukan pemecatan.