Ada Satgas Zero Plastik, ASN Pemkot Bekasi Dilarang Gunakan Kantong Plastik

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 03 Okt 2019 16:07 WIB
Foto: Satgas Zero Plastik di Pemkot Bekasi (dok.istimewa)

"Untuk Senin (7/10), kita berlakukan penindakan tegas untuk yang ketahuan masih membawa gelas mineral, botol mineral, dan kantong plastik, dan kemasan plastik lainnya. Tim satgas langsung ambil tindakan, plastiknya pasti diambil, dan juga dicatat namanya dan perangkat daerah, nanti akan di-report setiap Minggu. Setiap Senin di apel pagi besar, nama-nama itu akan dipanggil, dan akan kita pisahkan barisannya jika memang jumlahnya cukup signifikan, jadi sanksinya hanya sanksi moral saja, mudah-mudahan meski nama disebutkan dalam apel besar itu ya malu," ujar Ferdinan.

Satgas Zero Plastik, sebut Ferdinan, tak memiliki pakaian khusus. Namun, petugas akan mengenakan ban lengan berwarna orange dengan tulisan 'Satgas Zero Plastik'.

"Mereka mobile aja keliling dari habis apel 7.30 pagi sampai jam 04.00 sore," ujar Ferdinan.

Satgas ini juga ditugasi untuk selalu mengingatkan para ASN untuk membawa tumbler, kotak makan, dan kantong belanja ramah lingkungan. Menurutnya, cara ini terbilang efektif untuk menekankan angka penggunaan plastik di Kota Bekasi.

"Kalau saya lihat tidak ada lagi yang berani bawa kantong plastik. bukan cuma karena unsur paksaannya, tapi ke depan mungkin karena memang tanggung jawab dan kesadarannya," ujarnya.



Halaman

(isa/mea)