Pendapatannya Bikin Takjub, Ini Ongkos 'Modal' untuk Jadi Anggota DPR

Danu Damarjati - detikNews
Kamis, 03 Okt 2019 15:17 WIB
Anggota DPR (Lamhot Aritonang/detikcom)

Anggota DPR dari PDIP, Hendrawan Supratikno, dari Dapil Jateng X (Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Batang) lolos lagi ke DPR. Terhitung sejak 2009, ini adalah periode ketiganya di DPR. Dia mengamati ada peningkatan biaya kampanye dari waktu ke waktu. Ini karena kompetisi yang semakin ketat, liberalisasi politik, dan tentu saja tingkat inflasi. Jadi berapa yang Hendrawan habiskan untuk kampanye Pileg 2019?

"Di DPR ini, rata-rata Rp 5 miliar. Ada yang lebih rendah, dan ada yang di atas itu," jawabnya saat ditanya biaya kampanye yang dia keluarkan untuk lolos ke Senayan.



Sebagai petahana, dia diuntungkan. Paling tidak, sosoknya sudah tidak asing untuk masyarakat di Dapilnya. Sebagai anggota Komisi XI DPR, dia juga diuntungkan dengan program lembaga mitra yang menuntut sosialisasi di daerah. Ini membuat masyarakat tetap ingat dengan Hendrawan.

"Kalau pendatang baru, bakal lebih banyak memakan biaya. Kalau tidak didukung dengan kecukupan dana bakal susah. Kecuali kalau yang bersangkutan selebritis," kata Hendrawan.

Benarkah anggota DPR yang baru menghabiskan lebih banyak duit ketimbang anggota DPR yang lama? Saya mencoba menghubungi anggota DPR baru dari PAN, Farah Puteri Nahlia (23).
Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4