Pendapatannya Bikin Takjub, Ini Ongkos 'Modal' untuk Jadi Anggota DPR

Danu Damarjati - detikNews
Kamis, 03 Okt 2019 15:17 WIB
Anggota DPR (Lamhot Aritonang/detikcom)

Supaya biaya lebih ringan, dia ingin ada dana aspirasi yakni duit dari negara untuk mengakomodasi kepentingan konstituen anggota dewan. Memangnya berapakah biaya kampanye yang dibutuhkan Andre Rosiade untuk berhasil mencapai kursi DPR?

"Miliaran lah, nggak sampai belasan. Nggak etis saya sebut," kata Andre.



Anggota DPR 2019-2024 dari PKB, Daniel Johan, mengaku menghabiskan biaya yang cukup mahal. Daniel mengaku mengandalkan kampanye turun ke Dapil, bukan sekadar mengandalkan uang apalagi politik uang.

"Rp 2 M. Buat saya itu gede," ucap Daniel menyebutkan nominal biaya kampanyenya pada Pileg 2019.



Sebagai anggota petahana, dia tetap turun ke Dapil. Ongkos transportasi di Kalimantan Barat membutuhkan biaya yang besar. Sekali naik speed (kapal bermesin) bisa sampai Rp 2 juta. Padahal itu sering dilakukan. Setengah dari biaya kampanyenya habis untuk transportasi. Dia berharap mahalnya politik Pemilu bisa diatasi oleh sistem yang lebih baik. Soalnya, ini berbahaya bila dibiarkan.

"Dalam politik uang, hitung-hitungannya investasi untung-rugi, bukan pengabdian. Mereka akan mencari jalan untuk mengganti biaya kampanye berkali-kali lipat. Kalau yang menang adalah politik uang, jangan berharap Indonesia lebih baik," ujarnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4