detikNews
2019/10/03 14:55:16 WIB

Cerita Sekeluarga Asal Aceh Saat Rusuh Wamena: Rumah Dikepung Lalu Dibakar

Agus Setyadi - detikNews
Halaman 1 dari 2
Cerita Sekeluarga Asal Aceh Saat Rusuh Wamena: Rumah Dikepung Lalu Dibakar Sekeluarga asal Aceh cerita mencekamnya rusuh di Wamena. (Foto: Agus/detikcom)
Banda Aceh - Satu keluarga asal Aceh Tenggara, Aceh, mengalami dampak kerusuhan di Wamena, Papua. Rumah mereka dikepung sekelompok orang, kemudian dibakar. Kini mereka berada di Malang, Jawa Timur.

Kelima warga Desa Lawe Sigala Timur, Kecamatan Lawe Sigala Gala, Aceh Tenggara, Aceh, itu adalah Apner Gultom (33), seorang PNS di Diaspora Wamena; Friska Sitohang (30); berserta dua anak mereka, Natael Gultom (3,5) dan Nasya (8 bulan). Sementara satu orang lagi Trisesi Sitohang (26), adik Friska.


Friska berkisah, mereka sudah menetap di Wamena, Papua, sejak 2013. Saat terjadi kerusuhan di Wamena beberapa waktu lalu, dia bersama anggota keluarga yang lain bersembunyi di dalam rumah.

Tiba-tiba massa mengepung area tempat mereka tinggal. Di tengah ketakutan, mereka diselamatkan polisi yang tengah menggelar patroli.

"Kami bersembunyi di dalam rumah. Kami takut keluar, nantinya kami dibunuh, dibacok," kata Friska dalam keterangan tertulis yang disampaikan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh, Kamis (3/10/2019).

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com