detikNews
2019/10/02 17:28:09 WIB

Saat Hakim Penasaran Berapa Uang Dikorupsi Novanto di Kasus e-KTP

Zunita Putri - detikNews
Halaman 1 dari 2
Saat Hakim Penasaran Berapa Uang Dikorupsi Novanto di Kasus e-KTP Setya Novanto (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta - Mantan Ketua DPR yang kini berstatus terpidana korupsi, Setya Novanto, bersaksi dalam sidang perkara korupsi proyek e-KTP dengan terdakwa Markus Nari. Namun ada satu momen ketika majelis hakim penasaran akan uang yang dikorupsi Novanto.

Mulanya Novanto yang duduk di kursi saksi ditanya hakim anggota Anwar soal siapa saja anggota DPR yang ikut menikmati uang dari proyek itu. Novanto mengaku tidak tahu langsung, melainkan tahu dari keponakannya, Irvanto Hendra Pambudi Cahyo.

"Bapak tahunya uang (untuk anggota DPR) dari Irvanto?" tanya Anwar yang diaminkan Novanto dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Rabu (2/10/2019).




Anwar pun heran lantaran Novanto yang saat itu juga berada di DPR tidak mencari tahu tentang itu. Apalagi, bagi Anwar, aliran uang di kasus e-KTP berjumlah masif.

"Kan perkara ini besar, biasanya tahu-menahu karena dari rekanan lain seperti saksi lain tahu. Kalau Bapak pernah nggak atau dengar cerita, 'Gimana teman-teman, (uang) e-KTP sudah dapat belum?'" tanya Anwar.

"Ya tahunya setelah sidang," jawab Novanto.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com