detikNews
2019/10/02 13:21:29 WIB

Sidang Kasus Bowo Sidik

Bowo Sidik: Ada soal Terima Uang, Saya Minta Mendag Dihadirkan di Sidang

Zunita Putri - detikNews
Halaman 1 dari 2
Bowo Sidik: Ada soal Terima Uang, Saya Minta Mendag Dihadirkan di Sidang Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Terdakwa kasus suap-gratifikasi, Bowo Sidik Pangarso, meminta jaksa KPK menghadirkan Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita dalam persidangan. Alasan Bowo, yang juga mantan anggota DPR, atas permintaannya itu adalah ingin membuktikan keterangannya soal penerimaan uang.

"Jadi ada poin (dalam berita acara pemeriksaan/BAP) di mana saya menyampaikan saya menerima dana dan penyidik minta saya sampaikan di forum sidang ini. Maka saya sampaikan bahwa untuk bisa menghadirkan saudara Enggar (Enggartiasto Lukita) karena di BAP saya, saya sebutkan Enggar," kata Bowo dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Rabu (2/10/2019).


Selain itu, Bowo meminta agar seorang lainnya, yang bernama Jora Nilam Judge alias Jesika, turut dihadirkan dalam sidang. Menurut Bowo, keterangan Enggartiasto dan Jesika nantinya dapat membuktikan soal ucapannya dalam BAP.

"Supaya saya bisa buktikan kebenaran apa yang ada di BAP saya, karena itu sudah masuk di dakwaan dan BAP saya," kata Bowo.

"Saya mohon JPU bisa hadirkan karena waktu saya disidik oleh penyidik itu bagian dari saya diminta oleh penyidik untuk menyampaikan di forum sidang ini untuk bisa menghadirkan saksi-saksi tersebut," imbuhnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com