detikNews
2019/10/01 18:54:49 WIB

Profil Cak Imin: Kejar Tiket Cawapres, Dapat Kursi Wakil Ketua DPR

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Halaman 1 dari 2
Profil Cak Imin: Kejar Tiket Cawapres, Dapat Kursi Wakil Ketua DPR Cak Imin (Gibran Maulana/detikcom)
Jakarta - Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dipilih menjadi Wakil Ketua DPR dari PKB. Posisi ini diamanatkan ke Cak Imin karena dia dinilai sudah berpengalaman. Berikut ini profilnya.

Kabar soal penunjukan Cak Imin atau yang juga kerap disapa Gus Ami ini dikonfirmasi oleh PKB. Penunjukan Cak Imin ini didasari rapat DPP PKB bersama fraksi.

"Iya betul. Baru selesai jam 16.30 WIB rapat DPP sama fraksi memutuskan PKB ingin jadi bagian dari DPR ini memberikan kontribusi-kontribusi, pemikiran dari PKB ini melalui Gus Ami karena beliau sudah pengalaman. Pernah jadi Wakil Ketua MPR, beliau juga melihat DPR yang sudah maju ingin jadi bagian dari DPR ini," kata elite PKB Cucun Ahmad Sjamsurizal kepada wartawan, Selasa (1/10/2019).


Di periode sebelumnya, Cak Imin adalah Wakil Ketua MPR. Awalnya, PKB sempat mempertimbangkan nama Jazilul Fawaid sebagai calon Wakil Ketua DPR.

Cak Imin lahir pada 24 September 1966 di Jombang, Jawa Timur. Cak Imin merupakan putra Muhammad Iskandar, yang merupakan guru di Pondok Pesantren Manbaul Ma'arif, Jombang, Jawa Timur. Dia juga keponakan presiden ke-4 RI, Abdurrahman Wahid (Gus Dur).
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com