Bakal Jadi Ketua DPR, Puan: Pecah Telur! Ada Perempuan Pertama Jadi Ketua

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Selasa, 01 Okt 2019 15:59 WIB
Puan Maharani (Foto: dok. PDIP)
Jakarta - PDIP memastikan Puan Maharani akan menjadi Ketua DPR periode 2019-2024. Puan pun berharap bisa menjadi inspirasi perempuan lainnya.

"Yang pasti nantinya ini akan pecah telur. Baru ada perempuan pertama setelah 74 tahun Ketua DPR dan tentu saja hal itu saya berharap bisa membuat inspirasi, inspiratif bagi perempuan-perempuan Indonesia," kata Puan dalam jumpa pers di Fraksi PDIP, Gedung Nusantara I, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019).


Puan berharap bisa menjadi contoh bagi perempuan-perempuan lain yang ingin terjun ke politik. Dia menyebut perempuan juga bisa berkiprah dan memegang peranan penting di DPR.

Bakal Jadi Ketua DPR, Puan: Pecah Telur! Ada Perempuan Pertama Jadi KetuaPuan Maharani (Marlinda Oktavia Erwanti/detikcom)

"Bahwa ternyata politik itu bukan suatu hal yang tabu, politik itu dinamikanya berkembang, dinamikanya sangat dinamis, namun ternyata bisa juga menghasilkan perempuan-perempuan yang nantinya bisa membawa manfaat bagi Indonesia," tuturnya.


Di sisi lain, Puan berharap ke depan DPR bisa menjadi lebih baik lagi. Dia berharap DPR dapat menghasilkan undang-undang yang lebih matang dan sesuai situasi serta kondisi di Indonesia.

"Tidak perlu banyak, tapi memang itu sudah bisa sinergis dengan pemerintah, DPR, dan mendapat banyak masukan dari masyarakat ataupun apa namanya orang-orang yang perlu memberikan masukan yang ahli dalam hal itu," kata Puan.


Seperti diketahui, sebanyak 575 anggota DPR periode 2019-2024 dilantik hari ini. PDIP memastikan Puan Maharani bakal menjabat Ketua DPR RI. Penunjukan Puan datang langsung dari Ketum PDIP yang juga ibunya, Megawati Soekarnoputri.

"Betul," kata politikus PDIP Eva Kusuma Sundari saat ditanya kepastian Puan Maharani menjabat Ketua DPR RI.



Tonton juga video Puan Maharani: Saya Harap DPR ke Depan Bisa Hasilkan UU Produktif:

[Gambas:Video 20detik]

(mae/gbr)