15 Kerajaan Islam di Indonesia dan Peninggalannya

ADVERTISEMENT

15 Kerajaan Islam di Indonesia dan Peninggalannya

Puti Yasmin - detikNews
Selasa, 01 Okt 2019 12:18 WIB
15 Kerajaan Islam di Indonesia dan Peninggalannya/Foto: istimewa
Jakarta -

Sejarah Indonesia tak bisa dilepaskan dari agama Islam. Ada beberapa kerajaan Islam yang pernah berjaya di Indonesia. Apa saja? Yuk simak.

Kerajaan Islam di Indonesia mulai ada sejak abad 13 hingga 15 masehi. Munculnya kerajaan Islam dikarenakan baiknya hubungan perdagangan antara Indonesia dengan negara di Timur Tengah.



Berikut 15 kerajaan Islam yang dirangkum detikcom:


1. Kerajaan Demak

Kerajaan Islam pertama di Jawa terletak di Demak. Kerajaan ini berdiri pada tahun 1554 dan tercatat memiliki lima raja yang pernah berkuasa.

2. Kerajaan Ternate

Kerajaan Ternate menjadi kerajaan Islam di Indonesia Timur. Kerajaan ini mulai berdiri pada pertengahan abad ke-15 dengan peninggalan Istana Sultan Ternate.

3. Kerajaan Perlak

Kerajaan Perlak merupakan kerajaan Islam pertama di Indonesia. Kerajaan Islam ini akhirnya bergabung dengan kerajaan Samudera Pasai yang terletak di Aceh Utara.

4. Kerajaan Cierebon

Kerajaan Islam di Indonesia lainnya, adalah kerajaan Cirebon. Salah satu peninggalan kerajan Cirebon adalah Keraton Kesepuhan Cirebon atau Keraton Pakungwati.

5. Kerajaan Samudera Pasai

Kerajaan Samudera Pasai terletak di Aceh Utara. Kerajaan Islam ini berdiri sejak tahun 1267 hingga 1521 masehi.

6. Kerajaan Aceh

Kerajaan Aceh berdiri setelah jatuhnya kerajaan Malaka. Pada masa kejayaannya, kerajaan Islam di Indonesia ini menjadi penghasil lada yang besar.

7. Kerajaan Banjar

Terletak di pulau Kalimantan, kerajaan Banjar berdiri sejak tahun 1520 hingga tahun 1905. Kerajaan Islam ini memiliki peninggalan berupa masjid.

8. Kerajaan Mataram Islam

Kerajaan Islam di Indonesia adalah Kerajaan Mataram Islam. Kerajaan ini pertama kali dipimpin oleh Sutawijaya yang bergelar senopati.

9. Kerajaan Pajang

Salah satu kerajaan di Jawa Tengah adalah Kerajaan Pajang. Kerajaan Islam ini menjadi kerajaan yang memiliki waktu singkat, yakni berdiri sejak tahun 1548 hingga 1586.

10. Kerajaan Malaka

Terletak di daratan Melayu, Kerajaan Malaka didirikan pada tahun 1405. Kerajaan islam di Indonesia ini juga memiliki hubungan baik dengan China.

11. Kerajaan Maluku

Kerajaan Islam di Indonesia selanjutnya adalah Kerajaan Maluku. Kerajaan ini didirikan dengan pengaruh di kawasan Timur Nusantara.



12. Kerajaan Gowa


Kerajaan Gowa berdiri sejak tahun 1300. Raja yang paling terkenal dari Kerajaan Islam di Indonesia ini adalah Sultan Hasanuddin.

13. Kerajaan Tidore

Kerajaan Tidore juga terletak di Timur Indonesia. Kerajaan Islam ini dipimpin oleh seorang sultan.

14. Kerajaan Buton

Kerajaan Buton menjadi Kerajaan Islam di Indonesia yang terletak di Sulawesi Tenggara. Kerajaan ini memiliki peninggalan berupa Benteng Wolio.

15. Kerajaan Pagaruyung

Terakhir, kerajaan Islam di Indonesia adalah kerajaan Pagaruyung. Kerajaan ini terletak di Sumatera Barat saat Islam mulai berkembang.

(pay/erd)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT