Massa Mahasiswa-Petani di Patung Kuda Bergeser ke Gedung DPR

Massa Mahasiswa-Petani di Patung Kuda Bergeser ke Gedung DPR

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Senin, 30 Sep 2019 16:38 WIB
Foto: Suasana di sekkitar Patung Kuda (Rolando Fransiscus Sihombing/detikcom)
Foto: Suasana di sekkitar Patung Kuda (Rolando Fransiscus Sihombing/detikcom)
Jakarta - Massa mahasiswa dari Universitas Nasional (Unas) dan petani-pemuda yang tergabung dalam Front Perjuangan Rakyat (FPR) bergerak usai menyalurkan aspirasi di dekat Patung Kuda, Jakarta. Mereka lalu bergerak menuju depan Gedung DPR.

Pantauan detikcom di sekitaran Patung Kuda Arjuan Wiwaha, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (30/9/2019), massa gabungan tersebut membubarkan diri pada pukul 16.24 WIB. Mereka menggunakan dua minibus, satu mobil komando, dan sejumlah kendaraan sepeda motor.


Seorang mahasiswa Unas mengatakan mereka telah usah memberikan aspirasi. Mereka berencana menuju ke depan Gedung DPR.

"Di sini sudah (selesai aksi), lanjut ke depan Gedung DPR," ujar Satria (20).

Massa gabungan tersebut lengkap membawa spanduk dan bendera. Mereka akan bergabung dengan massa yang telah lebih dulu tiba di depan gedung DPR.

"Kami bergabung ke depan DPR dengan massa lain yang telah duluan. Ini kan rapat paripurna terakhir," kata Juru Bicara FPR, Emilia Yanti.


Sementara itu, Jalan Medan Merdeka Barat yang mengarah ke Jalan Medan Merdeka Utara dan Jalan Majapahit masih ditutup oleh polisi. Polisi memasang kawat berduri hingga menyiapkan mobil barikade dan mobil water canon.

Sejumlah personel kepolisian juga nampak bersiaga di sekitaran Jalan Medan Merdeka Barat. Kendaraan tidak dapat melintas ke arah Istana Negara.

Sebelumnya, massa gabungan ini berdemo di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (30/9). Mereka menuntut pertanggungjawaban Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Sumatera dan Kalimantan. Selain itu mahasiswa Unas menuntu pemerintah yang bersih.


Simak Video "Segudang Pekerjaan Rumah DPR Periode 2019-2024"

[Gambas:Video 20detik]

(gbr/gbr)