detikNews
2019/09/30 16:25:40 WIB

Sidang Kasus Suap Romahurmuziy

Jaksa KPK soal Klaim Rommy OTT Kurangi Suara PPP: Jangan Cari Alasan

Faiq Hidayat - detikNews
Halaman 1 dari 2
Jaksa KPK soal Klaim Rommy OTT Kurangi Suara PPP: Jangan Cari Alasan Terdakwa perkara suap jual-beli jabatan di Kemenag, Romahurmuziy, dalam persidangan (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Romahurmuziy alias Rommy membawa-bawa urusan Pemilu 2019 dengan operasi tangkap tangan (OTT) KPK padanya. Namun KPK memastikan urusan penegakan hukum tak ada hubungannya dengan Rommy yang saat itu menjabat Ketua Umum PPP.

"Janganlah pula karena sedang terlibat perkara sehingga mencari alasan pembenar dengan berbagai dalil misalnya terkait politik, perkara kecil atau mengapa tidak dicegah akan ada pemberian uang. Bahkan KPK pun dipersalahkan karena perolehan suara partai jadi berkurang," kata jaksa KPK Wawan membacakan tanggapannya itu dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Senin (30/9/2019).

Jaksa memastikan kasus yang ditangani KPK tanpa adanya kepentingan siapapun kecuali murni penegakan hukum. Rommy memang dalam eksepsinya menuding KPK sengaja menangkapnya di detik-detik Pemilu 2019 agar suara PPP merosot.



"Penuntut umum ingin menegaskan perkara terdakwa murni penegakan hukum tiada agenda apapun atau ditunggangi siapapun, semua adalah penegakan hukum semata," tutur jaksa.

Selain itu persoalan tentang identitas Rommy dalam dakwaan sebagai mantan Ketua Umum PPP pun disebut jaksa berdasar dari berita acara pemeriksaan (BAP). Bahkan, menurut jaksa, Rommy tak keberatan akan hal itu.

"Hal ini membuktikan bahwa terdakwa tidak berkeberatan tentang pencantuman nama mantan Ketum PPP, sehingga terdapat alasan hukum bagi penuntut umum untuk mencantumkan identitas sesuai dengan berita acara pemeriksaan terdakwa," ucap jaksa.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com