Mengeluh Sakit, Anggota BPK Rizal Djalil Tak Jadi Diperiksa KPK

Ibnu Hariyanto - detikNews
Senin, 30 Sep 2019 14:40 WIB
Anggota BPK Rizal Djalil (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Anggota BPK Rizal Djalil (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Rizal Djalil rupanya sudah berada di KPK sedari pagi tadi. Namun, anggota BPK yang kini berstatus tersangka itu mengeluh kesakitan sehingga berimbas pada pemeriksaan padanya.

"Tidak jadi dilakukan pemeriksaan karena yang bersangkutan mengeluh sakit," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Senin (30/9/2019).
Rizal disebut sudah tiba di KPK sejak pukul 09.00 WIB. Namun detikcom yang sudah memantau situasi di lobi KPK tidak melihat keberadaannya tersebut.

"Pemeriksaan akan dijadwalkan kembali," kata Febri.

Keberadaan Rizal hari ini sebenarnya dibutuhkan KPK terkait penyidikan kasus suap dalam proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kementerian PUPR. Rizal sendiri sudah berstatus tersangka dalam kasus itu lantaran menerima suap dari Komisaris PT Minarta Dutahutama (MD) Leonardo Jusminarta Prasetyo.
Rizal diduga mengatur agar PT MD mendapatkan proyek di lingkungan Direktorat SPAM yaitu proyek SPAM Jaringan Distribusi Utama (JDU) Hongaria dengan pagu anggaran Rp 79,27 miliar. Rizal pun disebut mendapat suap SGD 100 ribu.

Kasus ini merupakan pengembangan dari operasi tangkap tangan (OTT) KPK. Saat itu KPK menjerat 8 orang sebagai tersangka yang saat ini telah divonis seluruhnya bersalah menerima dan/atau memberikan suap.



Tonton juga video Anggota BPK Rizal Djalil jadi Tersangka KPK Terkait Kasus SPAM:

[Gambas:Video 20detik]

(ibh/dhn)