detikNews
Senin 30 September 2019, 14:28 WIB

Menristek Minta Polisi Usut Meninggalnya 2 Mahasiswa: Siapa Salah?

Zunita Putri - detikNews
Menristek Minta Polisi Usut Meninggalnya 2 Mahasiswa: Siapa Salah? Menristekdikti M Nasir (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Meninggalnya 2 mahasiswa Universitas Halu Oleo Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), belum menemui titik terang. Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) M Nasir meminta polisi segera mengungkap siapa yang bertanggung jawab atas meninggalnya 2 mahasiswa itu.

"Kalau ada korban, harusnya ada penyelidikan. Nanti ada pihak yang menyelidiki mengapa itu terjadi kematian pada seseorang, pada mahasiswa dan masyarakat. Lah, ini penyebabnya apa. Ini kalau kematian itu siapa yang salah itu harus kita cari," ucap Nasir di kantornya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (30/9/2019).

Nasir mengaku sudah menjalin komunikasi dengan pihak kepolisian atas peristiwa itu. Dia berharap pengusutan kasus ini transparan.

"Saya sudah komunikasi. Saya hari kemarin bicara hal ini tolong diselesaikan dengan jalur hukum yang benar," ucapnya.

Di sisi lain mengenai penangkapan sejumlah mahasiswa, Nasir mengaku belum tahu pasti. Namun, apabila benar adanya, Nasir menyerahkan urusan itu kepada kepolisian.

"Kalau memang terjadi, ini kan kewenangan polisi, kami bukan lagi," ucapnya.

"Mahasiswa itu ada dalam kampus, kalau di luar kampus, kami tidak bisa akan melindungi dalam hal ini," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, 2 mahasiswa yang tewas di Kendari atas nama Randi dan Muh Yusuf Kardawi. Randi tewas dengan luka tembak di bagian dada, sedangkan Yusuf terluka pukul di kepala. Yusuf sempat dirawat, tetapi akhirnya mengembuskan napas terakhirnya.
(zap/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com