detikNews
2019/09/30 13:18:24 WIB

Pemuda-Petani Demo di Patung Kuda Tuntut Jokowi Tanggung Jawab soal Karhutla

Rolando - detikNews
Halaman 1 dari 2
Pemuda-Petani Demo di Patung Kuda Tuntut Jokowi Tanggung Jawab soal Karhutla Foto: Demo di sekitar Patung Kuda, Jakarta (Rolando/detikcom)
Jakarta - Sejumlah massa dari petani, pemuda, dan mahasiswa berdemo menuntut pertanggungjawaban kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Massa ini tergabung dalam Front Perjuangan Rakyat (FPR).

Patuan detikcom di sekitaran Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (30/9/2019), massa FPR tiba pada pukul 11.57 WIB membawa spanduk bertuliskan 'Rakyat Menuntut Pertanggungjawaban Jokowi atas Bencana Asap KARHUTLA, Kekerasan dan Korban Jiwa di Tanah Papua dan berbagai Daerah Lainnya, Serta berbagai Perundang-undangan yang Anti Rakyat!'.


Massa merasa pemerintah tidak adil dalam penanganan karhutla yang masih terjadi. Massa menilai pemerintah berat sebelah dalam penegakan hukum karhutla.

"Bahkan pemerintah dengan culas menuduh bahwa aktor dari pembakaran lahan adalah kaum tani atau peladang kecil. Mereka dengan gagah menangkapi kaum tani dan peladang kecil yang membakar ladang skala kecil, tapi bertekuk lutut di hadapan perusahaan besar yang memonopoli tanah skala besar," kata seorang orator di mobil komando.

"Itu adalah cerminan pemerintah yang anti terhadap rakyatnya. Yang anti terhadap kaum tani," sambungnya.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com