Laporan dari New York

Langkah Nyata Tekad Indonesia Memperkuat Misi Diplomasi di Afrika

Indah Mutiara Kami - detikNews
Sabtu, 28 Sep 2019 18:06 WIB
Menlu RI Retno Marsudi dan Menlu Kamerun Lejeune Mbella Mbella (Indah Mutiara Kami/detikcom)
Menlu RI Retno Marsudi dan Menlu Kamerun Lejeune Mbella Mbella (Indah Mutiara Kami/detikcom)
New York - Indonesia makin memperkuat langkah diplomasinya di Afrika. Salah satunya dengan pembukaan kedutaan besar di Yaounde, Kamerun.

Rencana pembukaan kedutaan besar itu diteken oleh Menlu RI Retno Marsudi dan Menlu Kamerun Lejeune Mbella Mbella di Markas PBB, New York, Amerika Serikat, Jumat (27/9/2019) waktu setempat. Penandatanganan berlangsung di sela-sela rangkaian agenda Sidang Majelis Umum PBB.



Selama ini, tugas-tugas diplomasi di Afrika banyak dikerjakan secara rangkap oleh Kedutaan Besar Indonesia di Abuja, Nigeria. Hal itu dinilai kurang efektif.

"Kita buka di Kamerun karena rangkapannya selama ini dilakukan di kedutaan di Nigeria sangat banyak sekali, tidak efektif," ucap Menlu Retno.

Dengan berbagai pertimbangan, Kamerun dipilih untuk kawasan di sekitar Afrika Tengah. Pembukaan kedutaan besar ini juga sejalan dengan keinginan Indonesia untuk memperkuat diplomasi di Afrika.

"Ini sejalan dengan keinginan kita untuk memperkuat misi diplomatik kita di Afrika. Mungkin tahun depan sudah dapat dijalankan pembukaan kedutaan besar kita di Kamerun," katanya.
Selanjutnya
Halaman
1 2