detikNews
Jumat 27 September 2019, 14:32 WIB

BMKG: Isu Viral akan Ada Gempa Besar dan Tsunami di Ambon Hoax

Haris Fadhil - detikNews
BMKG: Isu Viral akan Ada Gempa Besar dan Tsunami di Ambon Hoax Kerusakan akibat gempa Ambon Foto: dok. BNPB
Jakarta - Di media sosial beredar isu viral akan terjadi gempa besar dan tsunami di wilayah Ambon, Teluk Piru dan Saparua. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menegaskan, isu tersebut hoax alias kabar bohong belaka.

Deputi Bidang Geofisika BMKG Muhammad Sadly menjelaskan hasil monitoring BMKG terhadap gempa bumi Kairatu, Ambon dan Haruku berkekuatan Magnitudo 6,5 yang terjadi Kamis (26/9). Hingga Jumat (27/9) pukul 10.00 WIB, telah terjadi 264 kali gempa susulan dengan magnitudo terbesar M 5,6 dan terkecil M 3,0.

"Secara statistik, frekuensi kejadian gempa cenderung semakin mengecil," kata Sadly dalam keterangan resmi yang diterima detikcom dari BMKG, Jumat (27/9/2019).


Sadly juga meluruskan soal adanya isu akan terjadi gempa besar dan tsunami di wilayah Ambon, Teluk Piru dan Saparua. Dia meminta masyarakat tidak percaya karena itu hanya kabar bohong belaka.

"Terkait dengan isu akan terjadi gempa besar dan tsunami di Ambon, Teluk Piru, dan Saparua adalah tidak benar atau berita bohong (hoax), karena hingga saat ini belum ada teknologi yang dapat memprediksi gempa bumi dengan tepat, dan akurat kapan, di mana dan berapa kekuatannya," ujarnya.


"Untuk itu masyarakat diimbau agar tidak terpancing isu atau berita bohong yang beredar dan tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya," sambungnya.


Simak Video "Jokowi Pastikan Biaya Perawatan Korban Gempa Ambon Gratis!"

[Gambas:Video 20detik]


(hri/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com