Begini Metamorfosis Tagar #STMmelawan Sebelum Jadi Trending

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 25 Sep 2019 17:50 WIB
Peta Tagar Drone Emprit (Foto: Istimewa)
Jakarta - Tagar #STMmelawan bergema di jagat Twitter. Tagar ini masuk trending topic. Peneliti media sosial dari Drone Emprit, Hari Ambari, menyebut tagar ini bermula dari topik anak STM dan demo di DPR.

"Jadi sebelumnya topik anak STM yang menginisiasi. Jadi di-trigger-nya oleh kabar anak STM turun ke jalan, bukan ada aktor intelektual yang meng-compose ini secara sengaja (dalang)," kata Hari Ambari saat dihubungi detikcom, Rabu (25/9/2019).


Hari memaparkan, berdasarkan data yang dia himpun mesin Drone Emprit, topik anak STM lebih dulu masuk radar pada Selasa (24/9/2019) malam. Tagar ini pun direspons oleh para pendukung demo di DPR hingga akhirnya bermetamorfosis menjadi tagar #STMmelawan.

Tagar #STMmelawan terus membesar dan masuk top 50 trending topic sekitar pukul 09.53 WIB hari ini. Bahkan, pada pukul 12.00 WIB, tagar ini masuk top 10 trending topic.


Selain itu, berdasarkan analisisnya, tagar #STMmelawan ini tak datang dari anak STM. "Ini juga bukan dari anak SMK atau STM yang jelas tagarnya," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2