detikNews
2019/09/25 14:12:24 WIB

Sidang Kasus Bowo Sidik

Inas: Komisi VI DPR Kritik Permendag Gula Rafinasi karena Ada TW

Faiq Hidayat - detikNews
Halaman 1 dari 2
Inas: Komisi VI DPR Kritik Permendag Gula Rafinasi karena Ada TW Wakil Ketua Komisi VI DPR Inas Nasrullah Zubir (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Nama pengusaha Tomy Winata diseret-seret dalam persidangan perkara suap-gratifikasi yang menjerat anggota DPR Bowo Sidik Pangarso. Pengusaha yang kerap diinisialkan TW itu disebut-sebut berada di balik urusan gula rafinasi yang dilaksanakan Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Perihal itu disampaikan Wakil Ketua Komisi VI DPR Inas Nasrullah Zubir dari Fraksi Partai Hanura dalam kesaksiannya di Pengadilan Tipikor Jakarta. Inas mengatakan awalnya Komisi VI DPR mengkritik Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) soal gula rafinasi tersebut.




"Waktu itu berpendapat bahwa silakan saja mau lelang gula karena itu domainnya pemerintah, tapi harap lelang itu pemenang lelangnya itu perusahaan yang berpengalaman. Padahal kita malah berharap pelaksana lelang gula adalah BUMN karena BUMN adalah milik pemerintah, milik negara," kata Inas dari kursi saksi dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Rabu (25/9/2019).

Di tengah pembahasan Permendag itu, Inas mengaku tahu Bowo bersama pimpinan Komisi VI DPR lainnya yaitu M Haikal dan Teguh Juwarno bertemu dengan Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita di salah satu hotel. Inas tahu akan hal itu lantaran Bowo memberitahunya melalui sambungan telepon. Berikut percakapan antara Bowo dan Inas yang ditampilkan jaksa KPK dalam persidangan:




Bowo: Makanya yang kemarin rapat...rapat...rapat...
Inas: He,em
Bowo: Pas pimpinan lu nggak ada
Inas: He em
Bowo: Kita minta rincian..gula dia janji mau ngasih
Inas: Siapa? Enggar?
Bowo: Teguh...ee...Teguh bukan sama Hekal

Namun pada akhirnya Inas mengaku tidak tahu tentang ada tidaknya uang yang mengalir ke kantor Bowo maupun pimpinan Komisi VI DPR lainnya. Dia mengaku hanya tahu sampai di situ saja.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com