Universitas Trisakti dari Gerakan Reformasi 1998 ke Mahasiswa Bergerak 2019

Puti Yasmin - detikNews
Rabu, 25 Sep 2019 11:43 WIB
Universitas Trisakti dari Gerakan Reformasi 1998 ke Mahasiswa Bergerak 2019/Foto: Universitas Trisakti (Farih Maulana/detikcom)
Jakarta - Universitas Trisakti kembali ikut dalam aksi demo di depan DPR kemarin. Pada Rabu pagi aksi unjuk rasa yang digelar serentak di sejumlah daerah di Indonesia itu menamakan diri dengan gerakan Mahasiswa Bergerak. Aksi dilakukan sebagai respon atas RUU KPK, RUU KUHP, RUU Pemasyarakat yang akan disahkan oleh pemerintah dan DPR.

Aksi Mahasiswa Bergerak berlangsung hingga malam hari. Dari aksi tersebut, dilaporkan ada empat mahasiswa Trisakti yang terluka akibat kerusuhan.

Adapun, keempat mahasiswanya adalah Muhammad Ari Budiutomo dan Sulthan Haqiqi dari Fakultas Hukum, Ivan Hareva dari Fakultas Teknologi Industri, Serta Ikhsan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Pada 1998 lalu, mahasiswa Universitas Trisakti juga berperan.



Berikut fakta-fakta Universitas Trisakti yang dirangkum detikcom:

1. Didirikan Pemerintah

Trisakti merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia. Uniknya, universitas yang memiliki akreditasi A ini didirikan oleh pemerintah.

2. Bekas Universitas Respublika

Universitas Trisakti merupakan bekas Universitas Respublika. Lembaga pendidikan tersebut dihancurkan setelah dianggap terlibat dalam pergerakan Partai Komunis Indonesia (PKI).

3. Makna Nama Trisakti

Nama Trisakti diberikan oleh Presiden Sukarno dengan arti berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan. Universitas yang terletak di Grogol ini didirikan pada tahun 1965.



4. Fakultas

Saat awal didirikan, Trisakti terdiri dari lima fakultas. Kemudian, berkembang menjadi sembilan fakultas, yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi, Fakultas Arsitek Lansekap dan Teknik Lingkungan, serta Fakultas Seni Rupa dan Desain.

5. Peristiwa Penting

Trisakti juga dikenal sebagai kampus pahlawan reformasi. Hal itu berkaitan dengan tragedi 12 Mei tahun 1998 yang menewaskan 4 orang mahasiswa Trisakti.



Tonton juga video Wajah Lain Demo Tolak RUU Kontroversial:

[Gambas:Video 20detik]

(pay/erd)