detikNews
2019/09/24 15:23:48 WIB

Analis Drone Emprit: Pembuat #TurunkanJokowi Bukan dari Kelompok Mahasiswa

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Halaman 1 dari 2
Analis Drone Emprit: Pembuat #TurunkanJokowi Bukan dari Kelompok Mahasiswa Pantauan data percakapan Drone Emprit. (Foto: Istimewa)
Jakarta - Tagar #TurunkanJokowi bergema di jagat Twitter. Posisinya bahkan sempat jadi trending topic. Analis media sosial Drone Emprit and Kernels Indonesia, Ismail Fahmi, menyebut tagar itu bukan berasal dari mahasiswa yang sedang berdemo.

"Dari data yang saya dapat, kelihatan pattern dan pola. Yang mempercakapkan akun-akunnya, cluster-nya, itu bukan dari mahasiswa. Bisa dilihat kelompok cluster dari peta ya, ada #GejayanMemanggil itu dari mahasiswa ya, satu lagi yang #TurunkanJokowi itu kelompok dari luar itu," kata Ismail Fahmi saat dihubungi detikcom, Selasa (24/9/2019).


Data percakapan Twitter yang diambil oleh Ismail ini merupakan data pada 23-24 September 2019. Tagar #TurunkanJokowi sempat menempati puncak tertinggi malam tadi.

Ismail juga memaparkan, apabila mahasiswa turut mengangkat isu tagar #TurunkanJokowi pastinya isu tersebut akan muncul dalam lingkaran kelompok mahasiswa. Dari pembacaan tersebut, Ismail juga menduga isu #TurunkanJokowi berpotensi dimainkan di lapangan juga.

"Kalau mahasiswa juga mengangkat isu #TurunkanJokowi, pasti percakapannya di dalam kelompok mahasiswa itu sendiri. Tapi kenyataannya kan nggak, itu kan di luar kelompok mahasiswa. Dari bacaan itu, ini isu dari luar yang mulai dinaikkan. Yang mungkin itu akan di lapangan juga, disusupkan," ujarnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com