detikNews
2019/09/24 10:10:25 WIB

Pemprov Riau Salat Minta Hujan, PNS Wajib Hadir

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Halaman 1 dari 2
Pemprov Riau Salat Minta Hujan, PNS Wajib Hadir Pemprov Riau menggelar salat minta hujan atau istisqa. (Chaidir/detikcom)
Pekanbaru - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menggelar salat minta hujan (istisqa) di halaman masjid Agung Annur, Pekanbaru. Seluruh PNS diberlakukan absensi.

Salat istisqa digelar di halaman Masjid Agung Annur di Jl Hang Tuah, Pekanbaru, mulai pukul 07.00 WIB, Selasa (24/9/2019). Pelaksanaan salat ini dihadiri Gubernur Riau Syamsuar, yang sepekan sebelumnya melakukan kunjungan kerja ke Thailand.


Jemaah salat istisqa ini paling banyak dihadiri ASN Pemprov Riau karena diberlakukan sistem absensi. Para PNS sebelum melaksanakan salat harus menandatangani daftar hadir di tiap dinas yang ada. Instruksi sistem absensi ini sesuai dengan surat edaran Sekda Riau.

Pelaksanaan salat istisqa ini sehubungan dengan dua bulan di Riau tidak turun hujan. Kondisi tanpa hujan membuat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) sulit teratasi oleh Satgas yang sudah berjibaku melakukan pemadaman. Salat ini juga dihadiri sebagian kecil dari masyarakat di sekitar masjid terbesar di Riau ini.

Seusai salat, salah seorang jemaah perempuan tiba-tiba jatuh pingsan. Petugas PMI yang ada dalam acara tersebut langsung memberikan pertolongan dengan memberikan oksigen.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com