Laporan dari New York

Indonesia Tekankan Pentingnya Upaya Bersama Soal Masalah Iklim

Indah Mutiara Kami - detikNews
Selasa, 24 Sep 2019 09:01 WIB
Foto: Wakil Presiden Jusuf Kalla saat pertemuan tingkat tinggi di PBB. Dok. Setwapres
New York - Perubahan iklim adalah salah satu topik yang diangkat di Sidang Majelis Umum ke-74 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Dalam sikapnya, Indonesia menekankan pentingnya upaya bersama secara kolektif.

Dalam pidatonya di Climate Action Summit, Wakil Presiden Jusuf Kalla bicara tentang aksi Indonesia terkait iklim yaitu dengan solusi berbasis alam serta transisi energi. Tapi, langkah-langkah yang dilakukan Indonesia itu perlu juga didukung negara-negara lain.


"Indonesia tidak dapat melakukannya sendiri. Aksi iklim memerlukan aksi kolektif. Kita perlu secara bersama- sama menciptakan planet yang sehat untuk masa depan manusia," ucap JK saat berpidato di Markas PBB, New York, Amerika Serikat, Senin (23/9/2019).

"Untuk masa depan yang lebih aman bagi anak dan cucu kita," sambungnya.

Usai pertemuan tingkat tinggi tersebut, JK kembali menjelaskan mengapa upaya kolektif itu sangat diperlukan dalam menyikapi perubahan iklim. Seluruh negara sama-sama merasakannya dan perlu sama-sama bergerak.


"Persoalan dunia di bidang climate change, tidak mungkin tiap negara berdiri sendiri tanpa upaya bersama," katanya.

JK sebelumnya juga berpidato di High Level Panel on Building A Sustainable Ocean Economy. Dalam pidatonya, JK mengatakan upaya menjaga pertumbuhan ekonomi dan melindungi laut adalah dua sisi mata uang yang tak dapat dipisahkan. Dia menegaskan bahwa Indonesia merupakan mitra untuk menyelamatkan laut.

"Saya berharap, Koalisi ini dapat terus melakukan hal-hal konkrit untuk mengarusutamakan isu kelautan di tingkat global. Agar terwujud ekonomi kelautan berkesinambungan yang bermanfaat bagi kita semua saat ini dan generasi mendatang," kata JK. (imk/aan)