detikNews
2019/09/24 08:40:12 WIB

Round-Up

Narasi KPK Hambat Investasi dan Penjegalan Pelantikan Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Narasi KPK Hambat Investasi dan Penjegalan Pelantikan Jokowi Presiden Joko Widodo (Foto: BPMI Setpres/Kris)
Jakarta - Dinamika terjadi di tengah banjir revisi undang-undang di Senayan serta sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal pelbagai isu. Sampai-sampai mahasiswa turun ke jalan menyuarakan aspirasi, tetapi Istana memandang ada gerakan lain yang menyusupi.

Beberapa waktu terakhir revisi UU KPK yang ditolak besar-besaran tetap disahkan. Menyusul kemudian ada revisi KUHP yang--setelah ditolak habis-habisan--ditunda pembahasannya oleh Jokowi dengan DPR periode depan.

Demo terjadi di mana-mana. Di sisi lain asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla) semakin parah di Sumatera dan Kalimantan. Situasi di Papua juga belum sepenuhnya mereda.




Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengaku baru-baru ini menghadap Jokowi membahas situasi keamanan terkini. Dia menyebut ada pihak-pihak yang mengharapkan memanasnya situasi menjelang pelantikan Jokowi sebagai Presiden di periode keduanya.

"Ada yang mengharapkan seperti itu," kata Moeldoko.

Namun Moeldoko tidak buka-bukaan soal siapa pihak-pihak yang dimaksudnya itu. Jokowi, disebut Moeldoko, sudah memanggil pejabat terkait untuk mengantisipasi demo besar-besaran yang kemungkinan akan terus berlanjut.

"Ya sudah. Tadi sudah, kebetulan ada Kapolda dan Pangdam Jaya semuanya diperintahkan untuk melakukan langkah langkah yang proporsional," ujar Moeldoko.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com