detikNews
2019/09/24 08:30:59 WIB

BMKG Perkirakan Hujan akan Turun di Sejumlah Wilayah Sumut

Khairul Ikhwan Damanik - detikNews
Halaman 1 dari 1
BMKG Perkirakan Hujan akan Turun di Sejumlah Wilayah Sumut Foto: Kabut asap terlihat di Bukit Tarutung Bolak, Angkola Muaratais, Tapanuli Selatan (Ist)
Medan - Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah 1 Medan memperkirakan sejumlah kawasan di Sumatera Utara (Sumut) bakal dilanda hujan pagi ini. Hujan berpotensi turun dengan intensitas sedang hingga lebat.

"Berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat dan petir dan angin kencang," tulis BBMKG dalam rilis resminya yang disampaikan ke media.


Disebutkan, situasi hujan itu berpotensi terjadi sejak pukul 06.00 hingga pukul 09.00 WIB. Sedangkan wilayah yang terpapar antara lain Deli Serdang, Medan, Langkat, Binjai, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi. Bisa juga meluas ke wilayah Kabupaten Karo, Batu Bara, Asahan, Simalungun dan sekitarnya.

Di sejumlah daerah hujan memang turun sejak dini hari. Daerah-daerah tersebut antara lain Medan, Deli Serdang, Tapanuli Selatan dan Tapanuli Tengah. Di Tapanuli Selatan, hujan turun beberapa kali. Interval tak panjang.

"Pertama hujan sekitar jam satu pagi. Sebentar saja. Sekitar dua puluh menit. Habis itu berhenti sepuluh menit menit, hujan lagi pagi ini sebentar. Putus-putus," kata Ratnib Siregar (78) petani karet warga Desa Sipangko, Kecamatan Angkola Muaratais, Tapanuli Selatan.


Ratnib menyebut hujan itu membuat mereka gembira, tetapi tidak mengubah situasi. Dia tetap tidak mungkin ke kebun untuk menderes karet karena kabut asap masih tebal, dan membuat matanya perih.

Informasi serupa juga disampaikan Sophia Mendrofa, warga Kecamatan Pandan, Tapanuli Tengah. Dia mengatakan hujan turun sekitar pukul 03.00 WIB tetapi tak mengubah banyak kepekatan kabut asap pagi.

"Pagi ini masih tebal juga ini kabut asapnya," kata Mendrofa.


Dua Kabupaten di Jambi Diguyur Hujan, Satgas Karhutla Kegirangan:

[Gambas:Video 20detik]




(rul/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com