detikNews
Senin 23 September 2019, 21:10 WIB

Kamera Tilang Elektronik di Tol Sudah Terpasang di 10 Titik Ini

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Kamera Tilang Elektronik di Tol Sudah Terpasang di 10 Titik Ini Foto: Agung Pambudhy/detikcom
Jakarta - Polda Metro Jaya bekerja sama dengan Jasa Marga akan melakukan penindakan tilang elektronik menggunakan kamera E-TLE di ruas jalan tol. Saat ini kamera tersebut sudah dipasang di 10 titik ruas tol.

"E-TLE di jalan tol progresnya sampai saat ini kita sudah mendapat 10 titik," kata Kasubdit Gakkum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP M Nasir di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (23/9/2019).

Sebanyak 10 titik pemasangan kamera itu terpasang dari tol Cikampek hingga Jagorawi. Hanya kamera itu saat ini belum diaktifkan.

"Sepuluh titik itu di Jalan Tol Cikampek itu 2 arah, 2 titik. Berikutnya Tol Jagorawi 2 arah, 2 titik, lalu 1 di Tol Jakarta-Tangerang, 1 di JORR, dan berikutnya Wiyoto Wiyono, Bandara, lalu berikutnya 1 di pintu gerbang Kuningan 1 dan 1 lagi di gerbang Semanggi 1," ungkap Nasir.





Nasir mengatakan nantinya pihaknya bersama Jasa Marga akan melakukan uji coba di ruas titik-titik pemasangan kamera itu. Pihaknya masih mempertimbangkan kekuatan jaringan di sekitar ruas-ruas tol yang akan dipasang kamera E-TLE.

"(Titik kamera lainnya) rencananya masih pengembangan, tapi ini sudah 10 titik yang sudah kita pasang yang saya sebutkan lagi adalah titik-titik yang sudah dilakukan pengkajian, tinggal nanti saat uji coba apakah ada kendala atau tidak," jelas Nasir.

Sebelumnya, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf menyebut akan ada 20 titik kamera yang terpasang di ruas tol. Namun Yusuf belum memaparkan titik mana saja yang akan dipasangi kamera.

"Ada 20 titik rencananya," kata Yusuf.




Tonton juga video mekanisme kerja tilang elektronik di Jakarta:


(sam/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com