detikNews
2019/09/23 19:53:59 WIB

PKB Bingung Penanganan Karhutla di Sumsel, Bandingkan dengan Asian Games

Mochamad Zhacky - detikNews
Halaman 1 dari 2
PKB Bingung Penanganan Karhutla di Sumsel, Bandingkan dengan Asian Games Satgas Karhutla Riau berjibaku memadamkan karhutla di Desa Rimbo Panjang, Kabupaten Kampar, Riau (ANTARA FOTO/Rony Muharrman)
Jakarta - PKB mengkritik upaya pemerintah mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang melanda sejumlah daerah, seperti di Sumatera Selatan, Jambi, dan Kalimantan Tengah. PKB heran mengapa pemerintah tidak bisa mencegah karhutla seperti yang dilakukan saat Asian Games 2018.

"Bisakah kita melakukan pencegahan? Bisa. Tahun 2018 bisa nggak ada bencana asap kenapa? Menghormati tamu-tamu internasional karena ada perhelatan olahraga se-Asia (Asian Games) dan saya turun ke Sumatera Selatan," kata Ketua Penanggulangan Bencana DPP PKB Marwan Dasopang di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (23/9/2019).
Menurut Marwan, pada saat perhelatan Asian Games, pemerintah daerah begitu cepat mengantisipasi karhutla. Pimpinan Komisi VIII DPR itu mempertanyakan mengapa karhutla tahun ini begitu meluas.

"Kenapa (saat Asian Games) bisa tidak ada bencana asap? (Karena) begitu ada pembalakan, begitu ada pembabatan, itu sudah ditongkrongi (petugas). Ini ada apa sekarang ini?" ujarnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com