Kasus Serupa 'Mulan Jameela Rebut Kursi DPR' Juga Terjadi di Daerah

Eva Safitri - detikNews
Senin, 23 Sep 2019 14:14 WIB
Unjuk rasa terkait Mulan Jameela yang merebut kursi koleganya (Foto: Hakim Ghani/detikcom)
Jakarta - Mulan Jameela ditetapkan sebagai anggota DPR 2019-2024 setelah merebut kursi Ervin Luthfi dan Fahrul Rozi sesama kader Partai Gerindra, yang sebetulnya memegang tiket lolos ke Senayan. Ternyata, kasus serupa juga banyak terjadi di daerah.

"Tidak hanya Gerindra ya, hampir semua partai, ada surat partai yang minta diganti dan tidak dilantik. Tapi dasar kami juga ada dasar dari surat pengantar KPU, partai juga pertimbangan, KPU juga pertimbangan, jangan sampai seseorang dilantik tapi dia tidak punya fraksi," kata Mendagri, Tjahjo Kumolo di JCC Senayan, Jakarta, Senin (23/9/2019).



Tjahjo mengatakan pihaknya pun memutuskan nama-nama caleg yang tidak memiliki rekomendasi dari KPU dan partainya tidak dimasukkan dulu atau ditunda. Namun, penundaan itu berlaku di DPRD tingkat 1 dan 2.

"Iya ditunda saja supaya tidak terganggu sampai ada surat dari KPU gitu aja. Untuk menghindari agar tidak ada seseorang dilantik menikmati fasilitas, tapi dia tidak punya fraksi, itu aja intinya. Hanya untuk DPRD 1 dan 2 ya itu yang kewenangan kami. Kalau DPR RI Kepres itu," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2