detikNews
Senin 23 September 2019, 13:34 WIB

Jadi Cawagub DKI, Syaikhu Tetap Ikuti Proses Pelantikan DPR RI

Arief Ikhsanudin - detikNews
Jadi Cawagub DKI, Syaikhu Tetap Ikuti Proses Pelantikan DPR RI Ahmad Syaikhu (Yulida Medistiara/detikcom)
Jakarta - Salah satu nama calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Syaikhu, terpilih sebagai anggota DPR RI. Dia belum menyatakan mundur sebagai cawagub dan disebut bakal tetap mengikuti proses menuju pelantikan anggota DPR RI.

"(Syaikhu) Belum mengajukan surat pengunduran resmi ke partai. Bahwa beliau ikut (pelatihan di) Lemhanas memang dilakukan untuk tahap DPR. Dan dari DPP belum ada informasi juga," ucap Ketua DPW PKS DKI Jakarta Syakir Purnomo kepada wartawan, Senin (23/9/2019).


Syakir belum mendapat informasi apakah Syaikhu akan mundur atau tidak dari pemilihan cawagub setelah terpilih jadi anggota DPR 2019-2024. Jika Syaikhu akhirnya mundur, Syakir akan menghormatinya.

"Kalau Pak Syaikhu mengajukan surat pengunduran diri karena beliau memberikan manfaat kepada warga Karawang, Bekasi, dan Purwakarta (dapil Syaikhu), tentu kami menghargai," kata Syakir.


Syakir menegaskan persoalan nama calon Wagub DKI merupakan keputusan dari DPP PKS. Jika akhirnya Syaikhu mundur, akan ada nama baru yang diajukan.

"Nah, yang perlu dibahas siapa cari penggantinya. Dan perlu juga tanda tangan baru lagi. Kalau bicara soal hak. Bahwa untuk Wagub DKI itu hak PKS, itu kata Pak Prabowo," kata Syakir.

Seperti diketahui, dua nama calon Wagub DKI dari PKS yang diajukan adalah Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto. Nama mereka sudah masuk ke DPRD DKI Jakarta untuk dipilih menggantikan Sandiaga Uno yang mundur tahun lalu.
(aik/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com