detikNews
2019/09/22 18:30:38 WIB

Amien Rais Dijuluki Bapak Reformasi, Jokowi Jadi Putera Reformasi?

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 3
Amien Rais Dijuluki Bapak Reformasi, Jokowi Jadi Putera Reformasi? Foto ilustrasi: Jokowi dan Amien Rais (dokumentasi)
Jakarta - Peristiwa reformasi 1998 merupakan tonggak sejarah dalam perjalanan Republik Indonesia. Sejumlah tokoh dianggap berjasa, ada yang dijuluki Bapak Reformasi. Kini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) hendak diberi gelar Putera Reformasi.

Julukan Bapak Reformasi sempat disematkan ke Amien Rais, tokoh sentral era 1998 yang kemudian menjadi pemimpin PAN. Dia menjadi Ketua MPR pasca-reformasi. Dari mana asal gelar itu?



"Tidak ada lembaga yang secara formal memberikan gelar tersebut. Itu penyebutan dari masyarakat pada tahun-tahun awal reformasi yang melekat terus. Itu sebagai penghormatan dan penghargaan atas jasa beliau menjadi lokomotif reformasi," kata Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN, Dradjad Wibowo, kepada wartawan, Minggu (22/9/2019).

Dradjad menyebut aspek-aspek yang disebutnya sebagai buah reformasi, yakni demokrasi, kebebasan pers, dan KPK yang kuat. Namun dia mengakui reformasi bukan karya tunggal Amien.



"Bukan karya Pak Amien sendiri, tapi kawan maupun lawan politik yang fair mengakui, Pak Amien-lah yang memimpin, baik ketika menentang Orde Baru maupun sebagai Ketua MPR," kata Dradjad.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com