Round-Up

Mempertanyakan Dasar 'PKB Gantikan PKB' di Pos Menpora

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 21 Sep 2019 08:06 WIB
Foto: Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Andhika Prasetia/detikcom).
Foto: Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Andhika Prasetia/detikcom).

Menurut Rico, Jokowi bisa saja akan sangat menyinggung PKB jika posisi Menpora diberikan kepada orang lain yang bukan PKB.

"Tetapi kalau itu orangnya baru tapi dari PKB juga itu rasanya nggak mungkin, karena hanya menjabat hanya satu bulan, kan tidak ada artinya, sehingga dicarilah dari orang PKB yang juga ada di dalam kabinet. Jadi saya pikir itu lah cara Pak Jokowi ingin menjaga khsusnul khatimah koalisi politik sehingga tidak ada kegaduhan yang tidak perlu," tuturnya.


Selain itu, ditunjuknya Hanif menurut Rico bisa saja memperkuat spekulasi jika Hanif akan menduduki jabatan Menpora pada periode Jokowi berikutnya. Namun Rico juga memandang bahwa Kabinet Jokowi yang baru bisa saja diisi dengan perhitungan politik yang baru, dengan arti ada peluang orang lain yang mengisi jabatan Menpora di periode berikutnya.

"Tapi dia pakai Dhakiri (untuk menggantikan Imam Nahrawi), berarti Dhakiri ini sosok yang bisa diterima oleh Pak Jokowi, bisa diterima juga oleh PKB, kan dia tidak mengundang orang lain, tokoh PKB yang lain yang selama ini menjadi timses Pak Jokowi, ini kan tidak dilakukan, tapi itu dia tetap ke Dhakiri. Jadi kita bisa nilai bahwa Pak Hanif Dhakiri punya posisi yang spesial dan cukup baik, baik dari Pak Jokowi maupun di sisi Muhaimin (Ketum PKB)," imbuhnya.
Halaman

(nvl/gbr)