Round-Up

Mempertanyakan Dasar 'PKB Gantikan PKB' di Pos Menpora

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 21 Sep 2019 08:06 WIB
Foto: Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Andhika Prasetia/detikcom).
Foto: Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Andhika Prasetia/detikcom).

Pratikno mengiyakan saat ditanya pertimbangan lain karena latar belakang parpol. Imam Nahrawi, yang mundur dari Menpora, serta Hanif sama-sama kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Iya, salah satunya itu," katanya.

Presiden Jokowi sudah menandatangani Keppres pemberhentian Imam Nahrawi dari jabatan Menpora pada hari ini. Imam sebelumnya sudah mengajukan surat pengunduran diri ke Jokowi

"Tadi presiden tanda tangani Keppres pemberhentian Imam Nahrawi sebagai Menpora dan mengangkat Hanif Dhakiri jadi Plt. Jadi rangkap jabatan selain menjabat sebagai Menaker," sambung Pratikno.


Pengamat politik Rico Marbun memberikan pandangannya. Menurut Rico, pertimbangan Jokowi memilih Hanif atas dasar parpol dikarenakan pada periode Kabinet Kerja Jokowi-JK jatah Menpora diduduki oleh PKB.

"Kalau dari sisi kalkulasi politik Menpora itu kan pada periode lalu itu kan jatahnya PKB kan, sehingga kalau misalkan direshufle dan diberikan kepada orang lain selain PKB itu kan akan menimbulkan kegaduhan yang baru, sehingga wajar saja kalu yang dilakukan Pak Jokowi ini ingin memberikan semacam koalisi politik itu khusnul khotimah," jelas Rico.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3