detikNews
2019/09/20 18:30:27 WIB

Orang Utan Tapanuli Ditemukan Terluka di Sumut

Khairul Ikhwan Damanik - detikNews
Halaman 1 dari 2
Orang Utan Tapanuli Ditemukan Terluka di Sumut Orang utan Tapanuli Ditemukan Terluka di Sumut (dok istimewa)
Medan - Seekor orang utan Tapanuli (Pongo tapanuliensis) ditemukan dalam kondisi terluka di Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara (Sumut). Diduga orang utan itu terluka karena kekerasan yang dilakukan masyarakat sekitar kawasan lindung tersebut.

Orang utan jantan yang diperkirakan berusia sekitar 30 tahun itu dievakuasi tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut dari perkebunan warga di Desa Aek Batang Paya, Kecamatan Sipirok. Lokasi ini berbatasan dengan Kawasan Ekosistem Batangtoru.



"Kita evakuasi, satu orang utan. Sekarang lagi diobati," kata Kepala BBKSDA Sumut Hotmauli Sianturi kepada wartawan di Medan, Jumat (20/9/2019).

Proses evakuasi itu berlangsung pada Rabu (18/9). Ini bermula dari laporan warga tentang keberadaan orang utan yang terluka. Seterusnya hewan tersebut dibawa ke Pusat Karantina dan Rehabilitasi Orangutan di Batu Mbelin, Kabupaten Deli Serdang.

Ada beberapa luka di tubuh orang utan tersebut. Antara lain di bagian pelipis dan di badan bagian belakang. Dugaan sementara, luka tersebut diakibatkan benda tajam.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com