detikNews
2019/09/20 18:01:41 WIB

Jelajah Ibu Kota Baru

Bayangan Forest City di Senja Semoi Dua

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Halaman 1 dari 2
Bayangan Forest City di Senja Semoi Dua Foto: Pemandangan senja di Semoi Dua (Muhammad Abdurrosyid/detikcom)
Jakarta - Desa Semoi Dua yang ada di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (Utara) disebut-sebut sebagai lokasi ibu kota baru. Di sekitar sini masih terdapat hutan. Bagaimanakah gerangan jadinya bila gedung-gedung pemerintahan dibangun di kawasan ini?

Sore itu, Rabu (11/9/2019), tim Jelajah Ibu Kota Baru detikcom sedang berbincang hangat dengan perangkat Desa Semoi Dua, Agus Sulistiyo, di kediamannya yang tak jauh dari kantor desa.


Kami mendengar segala informasi tentang kondisi desa Semoi Dua. Dari mulai informasi tentang warga Semoi Dua yang sebagian warganya berprofesi sebagai petani, sampai prediksi titik pasti letak Ibu kota baru. Informasi terkait pembangunan Ibu Kota Baru di Semoi Dua sendiri sudah dikatakan oleh Gubernur Kaltim Isran Noor beberapa waktu yang lalu.

Agus menjelaskan kepada kami, bahwa Semoi Dua ini desa yang aman. Para warganya juga memilki iklim sosial yang baik.

"Hampir bisa saya pastikan, tidak ada maling. Warga di sini juga guyub-guyub," ujarnya saat berbincang dengan Tim Jelajah Ibu Kota detikcom.


Selain itu, Agus bercerita bahwa ketika Semoi Dua disebut-sebut sebagai salah satut titik lokasi ibu kota negara yang baru, mulai banyak orang dari luar yang mulai menawar tanah warga. Namun, dia selalu mengimbau kepada warganya agar tak mudah terkena bujuk rayu harga yang tinggi.

"Saya selalu mengimbau juga, jangan mudah menjual tanahnya. Karena menjual tanah itu, sama saja dengan menjual mata pencaharian," tuturnya.

Waktu sudah menunjukkan pukul 17.15 WITA. Agus lantas mengajak kami untuk mengunjungi titik perbatasan antara Kabupaten Penajam Paser Utara dengan Kabupaten Kutai Kartanegara. Kami menggunakan mobil, sedangkan Agus menggunakan sepeda motornya agar lebih mudah mengarahkan jalan.

Menariknya, jalan menuju titik perbatasan itu ternyata terbilang mulus. Jalannya dicor dengan rata. Mobil kami bisa meluncur dengan kecepatan sekitar 20 km/jam sampai 30 km/jam. Sesekali ada beberapa mobil dan truk pengangkut kayu yang lewat. Wajar saja, pasalnya area ini memang beberapa perusahaan hutan industri.


Kami akhirnya sampai sekitar pukul 17.25 WITA. Ternyata jaraknya tak terlalu jauh dari kediaman Agus. Daerah perbatasan ini dikelilingi oleh Taman Hutan Raya Bukit Soeharto. Hutan ini sendiri merupakan kawasan hutan milik negara. Ada larangan berburu di kawasan ini.

Bayangan Forest City di Senja Semoi DuaFoto: Rakhmad HP/detikcom


Selain itu, di sekitar titik perbatasan ada kawasan wisata alam Bukit Bangkirai, Kutai Kartanegara. Ketika menginjak titik perbatasan dua kabupaten tersebut, saya bayangkan beberapa gedung-gedung pemerintahan pusat dibangun di antara hutan-hutan yang masih hijau ini.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com