Ada Demo di Gedung DPR, Lalin Arah Slipi Dialihkan ke Jl Gerbang Pemuda

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Jumat, 20 Sep 2019 15:08 WIB
Massa akan berdemo di depan DPR. (Rahel Narda/detikcom)
Jakarta - Aksi demo bertajuk 'Gerakan 20 September' akan digelar di depan gerbang gedung DPR/MPR. Polisi melakukan rekayasa lalu lintas.

Pantauan detikcom, Jumat (20/9), sejumlah massa sudah mulai berkumpul di depan gerbang gedung DPR/MPR, Jl Gatot Subroto, Jakarta. Tidak ada kendaraan yang melintas di depan gerbang gedung DPR/MPR karena kendaraan yang hendak menuju Slipi dialihkan ke Jalan Gerbang Pemuda.

"Dari arah Semanggi ke Slipi tidak bisa, langsung diarahkan ke Senayan. Kendaraan dialihkan ke Jalan Gerbang Pemuda," kata anggota Ditlantas Polda Metro Jaya, Aipda Andi S, saat ditemui di lokasi.


Ada Demo di Gedung DPR, Lalin Arah Slipi Dialihkan ke Jl Gerbang PemudaFoto: Rahel Narda Chaterine/detikcom

Tampak massa yang mayoritas ibu-ibu ini membawa atribut demonstrasi, seperti spanduk dan poster. Beberapa poster yang dibawa massa menyatakan menolak pelemahan terhadap KPK.

Selain itu, massa membawa spanduk yang bertuliskan menolak RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS). Sejumlah massa ada yang bergerak ke arah Jalan Gerbang Pemuda karena mobil komando yang akan dipakai untuk orasi sempat terkena pengalihan arus.

"Mobil orasi ditahan, ayo kita jemput," kata seorang massa mengajak massa lainnya ke Jalan Gerbang Pemuda.


Ada Demo di Gedung DPR, Lalin Arah Slipi Dialihkan ke Jl Gerbang PemudaFoto: Rahel Narda Chaterine/detikcom

Sebelumnya diberitakan, ada 2.000 personel gabungan yang akan dikerahkan untuk mengamankan jalannya aksi ini. Personel gabungan ini terdiri dari unsur TNI-Polri dan Pemprov DKI Jakarta.

Aksi itu bertajuk 'Gerakan 20 September'. Tuntutan massa, mereka menolak kepemimpinan Jokowi yang disebutnya gagal menyejahterakan rakyat dan mengabaikan kepentingan bangsa.
(jbr/idh)