Dibantu Hibah Pemprov DKI, Bekasi Siapkan Lahan Bangun Park and Ride

Dibantu Hibah Pemprov DKI, Bekasi Siapkan Lahan Bangun Park and Ride

Isal Mawardi - detikNews
Jumat, 20 Sep 2019 10:24 WIB
Foto: Isal Mawardi/detikcom
Foto: Isal Mawardi/detikcom
Bekasi - Pemkot Bekasi bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta akan membangun lahan parkir atau park and ride di sekitar Stasiun Bekasi. Pemkot Bekasi sudah menyiapkan lahan yang berada 20 meter dari Stasiun Bekasi.

Lokasi park and ride berada di belakang gedung Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Bekasi dan berdekatan juga dengan Halte Juanda di Jalan Pramuka, Bekasi Selatan, Kota Bekasi. Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Bekasi Deded Kusmayadi berharap, dengan adanya park and ride, masyarakat beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi massal.

"Angkutan massal selain KRL, KRD, kita juga punya LRT. Nah moda angkutan feeder-nya dengan (bus) Transpatriot kita, kita punya halte-halte di sekitaran dekat stasiun itu. Jadi kita akan memindahkan kebiasaan dari warga yang biasa membawa kendaraan pribadi kita arahkan untuk menjadi, memakai kendaraan umum masal, selain KRL, KRD, LRT kan juga ada TransJakarta, Transpatriot," ujar Deded ketika dihubungi, Jumat (20/9/2019).


Deded menjelaskan park and ride Bekasi berupa gedung bertingkat dengan kapasitas sekitar 300 mobil dan 400 motor. Luas tanah sekitar 2.000 meter persegi.

"Informasi dari konsultan, awalnya itu diusahakan dua lantai ke bawah, tiga (lantai) ke atas," ujar Deded.

Selanjutnya
Halaman
1 2