detikNews
2019/09/19 22:36:19 WIB

Round-Up

Ratna Sarumpaet Gigit Jari di Pengadilan Tinggi

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Ratna Sarumpaet Gigit Jari di Pengadilan Tinggi Ratna Sarumpaet (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta - Pengadilan Tinggi DKI Jakarta menolak upaya banding yang diajukan Ratna Sarumpaet. Keputusan Pengadilan Tinggi ini bikin Ratna gigit jari alias kecewa.

Upaya banding Ratna dilakukan untuk menyikapi putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan tertanggal 11 Juli 2019. Saat itu, Ratna dinyatakan telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana menyiarkan pemberitahuan berita bohong dengan sengaja menerbitkan keonaran di kalangan rakyat.



Sebagaimana diketahui, Ratna mengaku dipukuli mukanya oleh orang. Belakangan terungkap ternyata mukanya habis dioperasi plastik. Hoax penganiayaan inilah yang menyeretnya sampai meja hijau, bahkan sampai ke jeruji tahanan.

Pengadilan Negeri Jaksel menyatakan cerita hoax penganiayaan juga disebarkan ke tim pemenangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Saat itu, menurut Pengadilan Negeri Jaksel, muncul reaksi keras atas kabar penganiayaan Ratna Sarumpaet yang diklaim terjadi di kawasan bandara di Bandung. Didukung situasi politik memanas karena Pilpres, dengan keadaan masyarakat yang terpolarisasi, akan dengan mudah tersulut emosi dan berujung keributan dan kerusuhan di masyarakat.



Maka, Pengadilan Negeri Jaksel menjatuhkan hukuman dua tahun penjara untuk Ratna. Tak terima atas putusan PN Jaksel, Ratna mengajukan banding. Kini diketahui, banding Ratna ditolah oleh Pengadilan Tinggi DKI Jakarta.

"Menguatkan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan tanggal 11 Juli 2019 Nomor 203/Pid.Sus/2019/PN.Jkt.Sel yang dimintakan banding tersebut," demikian bunyi putusan Pengadilan Tinggi Jakarta yang dikutip detikcom, Kamis (19/9/2019). Duduk sebagai ketua majelis Gatot Supramono dengan anggota I Nyoman Sutama dan Hidayat.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com