Sendy Pericho Didakwa Suap Eks Aspidum Kejati DKI Rp 350 Juta

Faiq Hidayat - detikNews
Kamis, 19 Sep 2019 17:17 WIB
Sidang Pengusaha Sendy Pericho penyuap Eks Aspidum Kejati DKI (Foto: Faiq Hidayat/detikcom)
Sidang Pengusaha Sendy Pericho penyuap Eks Aspidum Kejati DKI (Foto: Faiq Hidayat/detikcom)
Jakarta - Direktur PT Java Indoland, Sendy Pericho, didakwa memberikan uang Rp 350 juta kepada jaksa Kejati DKI Arih Wira Suranta dan eks Aspidum Kejati DKI Agus Winoto. Uang itu disebut untuk mengurus perkara Hary Suwanda dkk di PN Jakarta Barat.

"Telah melakukan atau turut serta melakukan beberapa perbuatan yang dipandang sebagai perbuatan yang berdiri sendiri sehingga merupakan beberapa kejahatan memberi atau menjanjikan sesuatu," kata jaksa Wawan Yunarwanto saat membacakan surat dakwaan dalam sidang di Pengadilan Tipikor, Jl Bungur Raya, Rabu (19/9/2019).



Perbuatan Sendy itu disebut dilakukan bersama-sama dengan advokat Alfin Suherman. Sendy menunjuk Alfin Suherman sebagai pengacaranya dalam kasus dugaan penipuan dan penggelapan dana yang diduga dilakukan Hary Suwanda dan Raymond Rawung.

Jaksa mengatakan Sendy, Hary dan Raymond mendirikan perusahaan Chaze Trade Ltd yang berlokasi di apartemen Sahid Sudirman, Jakarta Pusat. Namun, setelah beberapa bulan beroperasi perusahaan tersebut mengalami kerugian dan tutup karena Raymond terjerat masalah hukum. Sendy pun melaporkan Hary dan Raymond ke Polda Metro Jaya.

"Pada bulan Oktober 2018, penyidik Polda Metro Jaya menangkap Raymond Rawung dan Hary Suwanda untuk selanjutnya dilakukan penyidikan," kata jaksa.

Kemudian Arih Wira ditunjuk jaksa penuntut umum untuk mengikuti perkembangan perkara tersebut. Selanjutnya, disebut jaksa, Sendy dan Alfin menemui Arih Wira di gedung Kejati DKI untuk berkenalan dan berkoordinasi perkara Hary Suwanda dkk. Akhirnya penyidik menyerahkan berkas perkara itu ke Kejati DKI.



"Atas penyerahan tersebut Alfin Suherman meminta bantuan kepada Tjhin Tje Ming alias Aming agar dikenalkan Agus Winoto dengan maksud agar berkas perkara Hary Suwanda dkk mendapat perhatian khusus. Menindaklanjuti permintaan tersebut, Tjhin Tje Ming alias Aming meminta Alfin Suherman menemui Yuniar Sinar Pamungkas selaku Kasi Keamanan Negara Ketertiban Umum dan Tindak Pindana Umum Lain Kejati DKI Jakarta," papar jaksa.
Selanjutnya
Halaman
1 2