Jelajah Ibu Kota Baru

Sidorejo, Desa Transmigran Generasi Pertama di Kaltim

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 19 Sep 2019 13:56 WIB
Foto: Salah satu rumah transmigran generasi kedua di desa Sidorejo, Penajam Paser Utara. (Rakhmad HP/detikcom)
Penajam Paser Utara - Sidorejo merupakan salah satu desa transmigran gelombang pertama di Kalimantan Timur. Desa yang terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara ini umumnya didominasi oleh masyarakat Jawa. Tak heran jika nama desa ini terkesan Jawa sekali.

Untuk mengetahui lebih jauh soal Sidorejo, tim Jelajah Ibu Kota Baru detikcom mampir ke kantor Kepala Desa. Kami langsung menemui Muhaji yang merupakan Kepala Desa Sidorejo.


Muhaji menerangkan, mulanya Sidorejo merupakan Dusun Kedungrejo yang merupakan bagian dari Kelurahan Petung. Desa Sidorejo sendiri baru lahir melalui pemekaran pada tahun 2010. Desa ini sendiri sudah menjadi kawasan transmigran sejak tahun 1957, termasuk program transmigrasi pertama di Kalimantan Timur.

"Setelah mekar dari Kelurahan Petung, 2010 alhamdulillah terbentuklah Desa Sidorejo. Desa transmigrasi sejak tahun 1957," kata Muhaji saat berbincang dengan tim Jelajah Ibu Kota Baru detikcom, Selasa (10/9/2019).

Sidorejo, Desa Transmigran Generasi Pertama di KaltimFoto: Kepala Desa Sidorejo Muhaji saat ditemui di kantornya, Selasa (9/9). (Muhammad Abdurrosyid/detikcom)

Dia menuturkan, mayoritas penduduk desa Sidorejo adalah suku Jawa. Mereka datang dari program transmigrasi tahun 1957, ketika Indonesia masih dipimpin oleh Presiden Sukarno. Maka, tak heran bila nama desa ini diambil dari Bahasa Jawa.

"Dari situ berdasarkan rembukan, masyarakat sepakat memberi nama 'Sidorejo'. Dalam arti, sido itu kan jadi. Sedangkan rejo itu makmur atau ramai. Mudah-mudahan dengan nama itu Sidorejo jadi ramai," ungkapnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2